LogoDIGINATION LOGO

Dorong Roda Perekonomian UMKM, Shopee Gelar Program Keberlanjutan

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:49 WIB
Share
Share

Dalam rangka merayakan Hari UMKM Nasional, Shopee, platform e-commerce, baru saja memaparkan program lanjutan dalam mendorong perputaran roda perekonomian dan menjaga keberlangsungan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia di Masa Pandemi COVID-19.

UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan mengambil peran strategis dalam upaya membangkitkan kembali sektor ekonomi negara.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah memberi pandangan bagaimana peran UMKM sangat membantu di masa pandemic COVID-19, ketika semua orang membutuhkan masker, UMKM hadir dan membantu mengurangi kebutuhan masker medis menjadi masker kain.

"Ketika semua orang kehabisan masker, rumah sakit pun tidak kebagian, UMKM membantu kita dengan memproduksi masker kain. Dan ketika saya tanya ahli masker 1 lapir atau 3 lapis tidak menjadi masalah. Hal ini menjadi penting, karena inovasi-inovasi UMKM salah satu penyelamat kita ketika Pandemi ini," kata Ganjar.

Teten Masduki, Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia menyikapi keadaan saat ini, perlu digencarkan secara efektif, sinergitas dengan dukungan terhadap adopsi penerapan literasi digital untuk UMKM, guna menstimulasi perputaran roda perekonomian Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi atas hadirnya berbagai program inovatif untuk mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM dari Shopee Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis solutif untuk para pelaku UMKM di Indonesia kedepannya," katanya.

Selama ini Gerakan Shopee Bersama UMKM, tidak hanya melalui program edukasi, pelatihan SME Go-Online, dan dukungan stimulus yang telah dihadirkan, tetapi juga bagaimana Shopee senantiasa hadir untuk memberikan solusi dan dukungan lanjutan dalam menjaga keberlangsungan bisnis UMKM.

Setelah sukses menyalurkan dan mempromosikan produk-produk mitra brand dan UMKM melalui kampanye ASEAN Online Sale Day, Shopee Indonesia turut menghadirkan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kampanye 17 Agustus Merdeka Sale yang secara khusus mendukung berbagai produk unggul UMKM.

Kampanye-kampanye ini diinisiasi sebagai bentuk komitmen Shopee dalam menjaga kestabilan dan keberlangsungan bisnis UMKM selama masa pandemi ini. Dalam mendukung literasi digital UMKM, metode pembayaran secara digital ShopeePay, juga menjadi salah satu bentuk sinergitas untuk perkembangan keberlangsungan UMKM di setiap kampanye yang dihadirkan untuk UMKM.

Selain itu untuk program inovatif lanjutan, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan berbagai program yang disinergikan dengan instansi pemerintahan, seperti mengikutsertakan UMKM dari berbagai Kementerian pendukung untuk diimplementasikan ke program UMKM Shopee.

Shopee juga berkomitmen untuk mendukung dan memperluas jangkauan pasar dari produk-produk lokal berstandar global terkurasi melalui program ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Hingga saat ini, Shopee telah berhasil mendukung 20.000 UMKM binaan di dalam kanal khusus Kreasi Nusantara dengan komitmen untuk memperluas jangkauan selanjutnya ke semua negara tempat Shopee beroperasi.

Melalui gerakan Shopee Bersama UMKM, Shopee bersama berbagai instansi pemerintahan, berupaya untuk seterusnya dapat senantiasa memberikan solusi dan peluang positif melalui berbagai program inovatif untuk akses ke ruang gerak digital hingga mancanegara, seperti apa yang telah kami implementasikan hingga saat ini.

“Kami berharap komitmen ini dapat memberikan ‘Sekotak Harapan Baru’ bagi UMKM untuk tetap melangsungkan bisnisnya secara optimal,” kata Head of Public Policy and Government Relations Shopee Radityo Triatmojo.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE