LogoDIGINATION LOGO

Cari Talenta Muda Esport, Piala Menpora Esports 2020 Axis Resmi Dibuka

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 5 Agustus 2020 | 16:20 WIB
Share
Share

Esports sebagai cabang olahraga yang berkembang pesat dalam beberapa tahun ini diyakini menjadi salah satu leading sector yang mampu menyikapi kondisi pandemi COVID-19 secara positif.

Data Newzoo, pada tahun 2020 mobile eSport dunia mengalami kenaikan penonton hingga 600% dibandingkan tahun 2019 dan berkembang pesat di Asia Tenggara, India dan Brasil. Hal ini juga diikuti dengan prediksi revenue dari industri eSports tahun 2020 yang meningkat 15,7% dari tahun 2019 dan mencapai angka US$1,1 Miliar.

Melihat indikasi positif di industri esport, Co-Founder EVOS Hartman Harris mengatakan wadah kompetisi berjenjang dan terstruktur menjadi hal penting agar tidak hanya dari sisi industrinya saja yang bertumbuh, namun juga dari segi ekosistem dan dapat melahirkan atlet-atlet muda esports Indonesia yang berprestasi.

Menyingkapi hal tersebut Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan Kemenpora bersama IESPL akan menggelar Piala Menpora Esports 2020 Axis sebagai wadah kompetisi esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa.

“Piala Menpora Esports 2020 yang digagas oleh Pak Menteri Zainudin Amali merupakan bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan esports di Indonesia. Pesan dari kegiatan ini sangat jelas, yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa,” kata Gatot S. Dewa Broto.

Dalam menggelar Piala Menpora Esports 2020 Axis, Kemenpora bermitra dengan Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Dengan kondisi pandemi dan mengikuti protokol kesehatan, maka seluruh rangkaian Piala Menpora Esports 2020 akan digelar secara online.

Dengan tujuan melahirkan talenta-talenta muda, kompetisi ini menyasar generasi muda yang masih duduk di bangku SMP, SMA dan universitas.

Kompetisi ini ditargetkan dapat diikuti sebanyak lebih dari 10 ribu atlet yang tergabung dalam 2.048 tim esports. Mereka akan berjuang membela nama institusi pendidikan masing-masing dan bersaing meraih gelar juara.

“Target Piala Menpora ditargetkan hingga 2500 Tim atau sekitar 10 Ribu Tim ya, sampai sekarang aja pendaftaran di IESPL hampir memenuhi kuota. Antusias disini sangat luar biasa, karena bukan hanya membawa harum nama Tim, mereka juga bisa membawa harum almamater,” kata Giring Ganesha President of IESPL yang juga Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Axis.

Piala Menpora Esports 2020 Axis yang merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kemenpora, IESPL, dan AXIS akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA.

Di game ini, para pemain akan bertanding 5 vs 5, dengan total hadiah Rp 150 juta. Dalam gelaran Piala Menpora Esports 2020 Axis peserta wajib mendaftarkan tim-nya sebagai institusi pendidikan yang sama mulai dari SMP, SMA, SMK ataupun Universitas.

Pendaftaran Piala Menpora eSports 2020 sudah dibuka secara online mulai dari 1 Agustus dan akan ditutup pada 17 Agustus. Panduan registrasi dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link berikut https://pialamenporaesports.iespl.id/

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE