Fitur Baru Instagram Dukung UMKM Indonesia
Saluran promosi gratis dari IG untuk UMKM
Kamis, 14 Mei 2020 | 14:33 WIB
TikTok, platform video singkat terkemuka, meluncurkan platform self-serve TikTok for Business yang dapat digunakan pebisnis untuk solusi periklanan melalui program ‘Back-To-Business’. Kehadiran solusi ini bertujuan untuk memberdayakan industri bisnis UKM di Indonesia dan menjangkau audiens yang tepat melalui komunitas TikTok yang kreatif dan inklusif.
Data dari Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) tahun 2018, UKM berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen PDB Indonesia. Tetapi, pandemi COVID-19 telah memberi dampak bagi pelaku usaha.
Namun dibalik surutnya penghasilan sistem tradisional, data yang sama menunjukan penjualan online justru mengalami peningkatan. Di sinilah pemerintah mendorong UKM untuk memanfaatkan platform digital. Dari sekitar 60 juta UKM di Indonesia, hanya ada 8 juta yang sudah menggunakan platform digital.
"Pemerintah menangkap keresahan pelaku UKM yang menginginkan adanya peningkatan penjualan melalui platform digital, Oleh karena itulah, kami mengapresiasi langkah mitra platform digital, termasuk TikTok, yang memberikan fitur khusus untuk mendukung program digitalisasi UKM ini," kata Odo R.M. Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).
Kajian dari McKinsey mengungkapkan bahwa 54% konsumen menghabiskan lebih banyak waktu mengkonsumsi konten video. Laporan sentimen konsumen Indonesia selama pandemi ini memberi gambaran bahwa peluang marketing video sangat berpeluang di masa pandemi.
"Format video singkat dan komunitas TikTok yang terkenal akan kreativitas memberikan peluang bagi berbagai bisnis dan usaha, termasuk UKM, untuk menggaet pasar yang lebih dinamis serta pemasarannya yang lebih efektif dan interaktif," kata Pandhu Wiguna, Direct Sales Leader, TikTok Indonesia.
Melalui TikTok for Business self serve, pebisnis bisa memanfaatkan berbagai kemudahan, antara lain adalah:
Platform self-serve yang diluncurkan merupakan evolusi Tik-Tok sebagai solusi periklanan masa kini. Dengan akses yang mudah dan fleksibel yang diberikan platform ini, UKM pun dapat segera melakukan digitalisasi dan membangkitkan kembali bisnisnya di masa new normal ini dan seterusnya.
TikTok juga melanjutkan komitmennya untuk mendukung pelaku UKM di masa COVID-19 dengan meluncurkan program “Back-to-Business” di berbagai negara di dunia. Melalui program ini, para pelaku usaha akan memiliki kesempatan untuk beriklan di TikTok dengan kredit sebesar US$ 300 yang dapat digunakan hingga 31 Desember, 2020. Kunjungi website https://www.tiktok.com/business/en/back-to-business-program untuk memulai program beriklan di Tik-Tok.
Saluran promosi gratis dari IG untuk UMKM
Kamis, 14 Mei 2020 | 14:33 WIB
Facebook perkenalkan fitur baru untuk UKM berjualan, akan terintegrasi dengan layanan Facebook lainnya
Rabu, 20 Mei 2020 | 13:51 WIB
Grab tegaskan komitmen bimbing UMKM di Indonesia
Selasa, 30 Juni 2020 | 20:26 WIB
Sebagai institusi pendanaan alternatif, Fintech menjadi andalan pelaku UMKM di Indonesia
Kamis, 2 Juli 2020 | 19:08 WIB
UKM di kawasan Asia Tenggara mengandalkan teknologi untuk bisa survive di masa pandemi Covid-19 ini
Selasa, 7 Juli 2020 | 18:43 WIB
Selama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIB
Karya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIB
Magnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIB
Teknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIB
Format Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIB
Keunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIB
Konsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIB
Talenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIB
Pengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIB
Salah satu penggemar game Roblox dengan nama Ands/Kirito. berhasil mengajak komunitas dan pengguna X berdonasi untuk keluarga almarhum Affan Kurniawan.
Selasa, 2 September 2025 | 15:04 WIB
Warganet ramai membagikan situasi Demo DPR melalui berbagai platform media sosial
Jumat, 29 Agustus 2025 | 12:22 WIB
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIB
Password ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIB
Pojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIB