LogoDIGINATION LOGO

Mark Zuckerberg Kenalkan Facebook Shops Untuk Pelaku UKM

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 20 Mei 2020 | 13:51 WIB
Share
Share

Facebook selalu punya terobosan baru demi kenyamanan pengguna dalam menggunakan fiturnya. Setelah membuat fitur bazaar virtual untuk memasarkan produk UKM selama Ramadhan disaat pandemi COVID-19, facebook kembali memperkenalkan fitur barunya, Shops. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menjual dan mempromosikan produk lewat halaman Facebook dan Instagram.

Hal ini diungkapkan Mark Zuckerberg di akun Facebooknya. Fitur ini didesain untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online dan membantu pelaku usaha atau UKM yang terdampak pandemi virus corona Covid-19.

"Saya yakin Shops bisa diandalkan oleh para pengusaha kelas kecil dan menengah karena saat ini ada sekitar 160 juta UKM yang menggunakan Facebook untuk memasarkan produk mereka," ujar Mark.

Walau selama ini pengguna Facebook dapat berjualan melalui fitur Marketplace, namun Facebook mengklaim, Shops akan lebih memudahkan pengguna dalam berjualan online. Fitur ini memiliki kemampuan dalam menghubungkan 2 platform sekaligus yaitu Facebook, dan Instagram.  Jadi, pelaku usaha dapat dengan mudah mengunggah produk dan bertemu pembeli mereka dalam 2 platform sekaligus.

Dengan Shops, pelaku usaha dapat mengunggah katalog produk, menampilkan produk pada halaman depan, dan dapat menyesuaikan gambar sampul dengan berbagai pilihan warna. Sehingga, dapat mempermudah dan menarik perhatian pembeli dalam memilih produk yang mereka inginkan.

Mark mengungkapkan, nantinya fitur ini akan dibekali dengan artificial intelligence, agar dapat dengan mudah mengenali perilaku pengguna.

"Shops akan didukung oleh teknologi AI agar kami bisa lebih baik memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal kepada pengguna," katanya.

Sebelumnya, Facebook mengadakan Bazaar Virtual yang berisikan produk-produk dari UKM, demi membantu bisnis lokal di tengah pandemi COVID-19. Bazaar Virtual ini berlangsung selama bulan Ramadhan di halaman Facebook.

Inisiatif ini bermula dari kebiasaan pelaku UKM lokal yang mengikuti berbagai bazaar di bulan puasa. Karena terjadi pandemi COVID-19, Facebook berharap pelaku UKM dapat tetap memperkenalkan produk mereka melalui Bazaar Virtual.

Dengan inisiatif yang terus terlontar, beberapa waktu kedepan, Shops juga akan terintegrasi dengan WhatsApp dan Facebook Messenger. Pelaku usaha dapat menjual produk mereka kepada pembeli melalui obrolan di WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram Direct.

Meski pihak Facebook belum memberikan rincian terkait kapan kehadiran Shops di dua platform pesan instan tersebut, namun dengan rancangan ini Facebook membuktikan mereka akan terus berinovasi untuk memberikan fitur terbaik demi kenyamanan pengguna.

"Ketika kita berjalan-jalan, kita lihat bahwa tidak semua toko memiliki kesamaan. Berdasarkan pemikiran itulah akhirnya kami menciptakan Facebook Shops," ujar Mark.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE