LogoDIGINATION LOGO

Wow, Skystar Ventures UMN Raih Akreditasi Inkubator Bisnis Teknologi Klasifikasi A Pertama di Indonesia!

author Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 29 Agustus 2019 | 10:32 WIB
Share
Ketiga dari kiri: Renaldo Sutjiady, Program Coordinator Skystar Ventures Tech Incubator | Foto Istimewa
Share

Tahu Skystar Ventures Tech Incubator?

Yap, inkubator yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk membangun ekosistem startup yang kompeten, kolaboratif, dan berkelanjutan. Nah, inkubator yang didirikan tahun 2013 ini berhasil meraih akreditasi inkubator bisnis teknologi pertama di Indonesia dengan Klasifikasi A.

Akreditasi diberikan Senin (26/8) Bali oleh Kepala Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Mereka bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

Adanya akreditasi inkubator bisnis teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas mereka, baik untuk kalangan pemerintah maupun swasta. Ini juga dapat meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan inkubator terhadap entrepreneur pemula berbasis teknologi secara berkelanjutan.

Baca juga: Startup, Jangan Asal Implementasi Teknologi Blockchain, Ya!

Peringkat inkubator bisnis teknologi ini dibagi menjadi tiga tingkat maturitas, yaitu Peringkat A, B, dan C. Tak hanya universitas, inkubator bisnis yang mendapatkan akreditasi dengan klasifikasi A ini dinilai memiliki keunggulan tertentu. Peringkat A dengan tingkat maturitas utama berarti inkubator bisnis teknologi mempunyai kemampuan dan kinerja yang unggul. Skornya pun di atas 80 % dari total skor yang mengacu pada sistem penilaian dalam Lampiran 5.1. SOP Pemeringkatan IBT.

UMN merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang meraih akreditasi inkubator bisnis dengan klasifikasi A. Selain Skystar Ventures UMN, terdapat empat inkubator bisnis teknologi dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya yang juga mendapatkan akreditasi inkubator bisnis teknologi dengan klasifikasi A, antara lain Inkubator Institut Pertanian Bogor, Inkubator Universitas Diponegoro, Inkubator Universitas Indonesia, dan Inkubator Institut Teknologi Bandung.

Sementara itu, sejalan dengan visi universitas untuk mengembangkan entrepreneurship di kalangan mahasiswa, Wakil Rektor II UMN sekaligus Kepala Inkubator Skystar Ventures Andrey Andoko mengatakan, "Skystar Ventures diharapkan memberikan sumbangsih bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penciptaan entrepreneur yang andal dengan ide-ide bisnis yang inovatif."

Krenz!

Baca juga: Menjadi Startup yang Mendunia dengan Cara Berbeda

 

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
RECOMMENDATION

Pilih Mana: Akselerator atau Inkubator?

Ada dua program yang dapat membantu para founder startup untuk memantapkan bisnisnya yaitu Akselerator dan Inkubator. Keduanya dikenal memiliki arti yang sama, padahal jika dilihat lagi banyak hal yang membedakan. Apa sajakah itu?

Selasa, 9 Oktober 2018 | 11:20 WIB
LATEST ARTICLE

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB