Yuk, Daftar Gerakan Nasional 1000 Startup!

author Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 18 Juli 2019 | 14:35 WIB
Share
Ilustrasi membangun startup (shutterstock)
Share

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi "The Digital Energy of Asia" di tahun 2020. Ini diwujudkan dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah di tengah masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Tiga tahun perjalanan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak Indonesia mendapat wadah merealisasikan mimpi besar mereka melalui solusi digital. Tahun ini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya," kata Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo dalam siaran pers yang diterima Digination.id.

Semuel melanjutkan, "Dengan penampilan baru kita akan rilis Ignite the Nation, Kobarkan Bangsa! Membangun Bangsa Dengan Mimpi! Mimpi Besar yang merupakan solusi bangsa dan dunia!"

Gerakan penampilan baru ini membawa konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal. Tak hanya itu, kurikulum program pun telah direvisi dengan fokus pada inkubasi. Portofolio dan kualitas mentor juga akan ditingkatkan dan dijadwalkan dengan baik.

Baca juga: Hai Startup, Tangkap Peluang Bisnis Berbasis IoT, Yuk!

Ilustrasi startup yang berkompetisi (shutterstock)
Lis Sutjiati, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital mengatakan, "Gerakan ini bukan sekolah, tapi merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Apalagi di Indonesia masih banyak peluang untuk membuat solusi dari permasalahan sehari-hari sampai masalah kota dan bangsa; mulai dari pertanian,pendidikan, kesehatan, dan lain-lain."

Selain itu, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali didukung oleh berbagai pihak, termasuk Kumpul yang terpilih menjadi koordinator nasional. Faye Alund, CEO Kumpul mengapresiasi Kementerian Kominfo atas kepercayaannya menjadikan Kumpul sebagai koordinator nasional program ini.

"Kumpul sebagai platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space, bertujuan untuk membangun ekosistem yang fokus pada pertumbuhan wirausaha. Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kami berharap dapat menghadirkan jaringan kewirausahaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan," tambah Faye.

Untuk gelombang pendaftaran 2019 kali ini, dalam 3 hari pertama pendaftaran telah ada sekitar 4.000 pendaftar untuk mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Nantinya, program pembinaan ini akan dilaksanakan secara intensif di 10 kota selama 6 bulan, dengan konsep pembinaan yang menyeluruh, termasuk di dalamnya pembekalan materi, networking, konsultasi terkait bisnis model dan strategi produk marketing, serta inkubasi yang merupakan sesi mentoring mendalam.

Tertarik untuk daftar? Yuk, pendaftaran dibuka hingga akhir tahun, lho. Kamu bisa mengaksesnya di https://participant.1000startupdigital.id/ atau melalui tautan ini.

Baca juga: 5 Pondasi Membangun Startup

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Siaran Pers Kemkominfo
TAGS
RECOMMENDATION

Kominfo Sederhanakan Perizinan Usaha

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo mengenai Kebijakan Percepatan Pelaksanaan Berusaha dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyederhanakan perizinan dengan melibatkan pemangku kepentingan

Senin, 30 April 2018 | 15:09 WIB
LATEST ARTICLE

It’s Never Too Late To Start Up

Kata siapa usia 40 tahun sudah terlalu tua untuk membangun startup? Adrian Gunadi, co Founder dan CEO Investree membuktikan bahwa hal tersebut salah...

Selasa, 3 Desember 2019 | 08:15 WIB

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB