LogoDIGINATION LOGO

Kaskus Imbau Anak Muda untuk Sebarkan Konten Positif

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 30 Oktober 2017 | 10:02 WIB
Share
Sebagai platform yang berbasis forum dan komunitas, Kaskus memberikan ruang bagi penggunanya untuk berbagi apapun di platform tak berbayar tersebut
Share

Sebagai platform yang berbasis forum dan komunitas, Kaskus memberikan ruang bagi penggunanya untuk berbagi apapun di platform tak berbayar tersebut. Namun Ronny Sugiadha, CMO Kaskus, mengatakan bahwa kebebasan tersebut harus disertai tanggung jawab.

Saat berbincang dengan Digination.id pada peringatan Sumpah Pemuda Sabtu (28/10) lalu di Istana Bogor, Ronny mengatakan bahwa pengunjung Kaskus tiap bulannya mencapai 30 juta pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda. Bisa dibilang, Kaskus sedikit banyak memberikan kontribusi pada penyebaran berita di kalangan anak muda.

Terkait dengan semakin banyaknya penyebaran konten negatif, berita hoax, dan ujaran kebencian, Ronny menghimbau agar anak muda tidak terpengaruh ikut-ikutan menyebarkan konten negatif. “Anak muda itu harus melakukan sesuatu yang baik untuk negara. Bermain sosial media itu juga harus bertanggung jawab, jangan menyebarkan konten tidak penting,” tegas Ronny.

Untuk menangkal penyebaran berita negatif, menurut Ronny, Kaskus telah memiliki sistem untuk menangkalnya. “Kita punya sistem yang jika ada konten bermasalah, kita ada Lapor Hansip. Jika tombol itu ditekan, akan langsung di-folow up oleh tim kita untuk segera di-delete.”

Sebagai platform yang free di mana setiap anggota bisa meng-upload konten secara gratis dan bebas, tantangan Kaskus adalah menjaga agar kontennya tetap positif. “Kaskus sebagai tempat menulis yang pas untuk anak muda. Di sana semua orang bisa berkreasi, bisa belajar menulis dengan bebas tapi harus bertanggung jawab,” tegas Ronny.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE