LogoDIGINATION LOGO

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Kariermu Moncer di 2019!

Oleh Alfhatin Pratama Sabtu, 12 Januari 2019 | 15:00 WIB
Share
Sukseskan kariermu! (shutterstock)
Share

Di era digital seperti sekarang, kesuksesan karier tidak hanya dapat diukur dari perilaku seseorang di dunia nyata. Suka tak suka, perilaku seseorang di dunia maya juga semakin diperhitungkan.

Berbagai aspek pengembangan dan pertumbuhan karier seseorang terus bergerak dari dunia nyata ke dunia maya. Tahun 2019 ini, harus dimanfaatkan dengan optimis dan langkah yang optimal. Jangan sampai, kesuksesan karier yang menjadi salah satu resolusi yang telah direncanakan gagal atau kembali gagal terpenuhi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nah, agar karier kita sukses di era digital, Digination.id merangkum 5 hal penting yang harus diperhatikan.

Personal branding

Menemukan pekerjaan yang ideal akan menjadi lebih kompetitif. Menjadi yang paling menarik perhatian adalah hal yang sangat diperlukan. Oleh karena itu, personal branding atau pemasaran diri dan karier seseorang sebagai merek diri sendiri menjadi lebih penting dari tahun-tahun sebelumnya. 

Setiap orang yang menginginkan kesuksesan karier harus terlihat oleh orang lain, khususnya apa yang membuatnya hebat. Itulah gunanya personal brandingJika belum membangun personal branding, mulailah sebelum terlambat. Jika sudah, sesuaikanlah dengan perkembangan zaman dan tren dunia kerja agar tetap relevan.

Baca juga: Sudah Manfaatkan Linkedinmu Dengan Maksimal?

Branding dirimu dengan baik! (shutterstock)
Hati-hati di internet

Dengan internet, semua dapat ditemukan dengan mudah. Termasuk nama dan kegiatan yang dilakukan setiap orang jika ia mengunggahnya ke sana. Rekam jejak digital seseorang akan dengan mudah ditemukan. Personal branding seseorang pun akan dengan mudah dinilai dengan internet.

Biasanya, para penyedia pekerjaan akan mencari nama para pelamar kerja dengan Google. Jika nama yang dicari memunculkan hasil yang memuaskan, maka ia akan diterima. Namun, bagaimana jika sebaliknya? Hmm... Kamu bisa tebak sendiri. Intinya, hati-hati berperilaku di internet, ya!

Terus belajar

Perkembangan era digital yang masif membuat setiap orang harus terus-menerus belajar. Ketika muncul tren yang baru, belum tentu tren tersebut akan bertahan dalam hitungan tahun. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk belajar setiap hari sangat penting agar tidak tertinggal.

Belajar pun sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak harus mengikuti instansi pendidikan formal. Contohnya, membaca buku, berdiskusi dengan teman-teman dan komunitas, belajar lewat platform pendidikan online, lewat channel Youtube, atau bersama komunitas online. Biasanya, semua bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga: Mau Belajar Machine Learning dan Jadi Developer Bersama Google? Gratis!

Ilustrasi belajar kapan saja dan di mana saja (shutterstock)
Jangan gaptek!

Jangan takut dengan masifnya perkembangan teknologi. Kefasihan menggunakan teknologi di era digital sangat dibutuhkan di setiap sektor pekerjaan. Apalagi, perusahan-perusahaan yang ingin tetap bertahan dan berkompetisi.

Setidaknya, sebagai pengetahuan dasar seorang harus fasih menggunakan media sosial dan mengenal apa itu artificial intelligence atau ecerdasaran buatan (AI), blockchaindan augmented reality.

Video adalah e-mail terbaru

Jika e-mail telah menjadi pesan yang formal dan profesional, sama halnya dengan video di tahun ini. Video akan memiliki peran penting di 2019. Berbagai bentuk komunikasi akan menjauh dari bentuk komunikasi pesan singkat berbentuk teks.

Komunikasi akan mengarah kepada audio dan video. Hal ini juga akan meningkatkan pekerjaan jarak jauh. Adanya tren seperti ini memungkinkan pesan dari setiap orang dapat lebih diperhatikan, diakui, dan didengar. 

Gak terlalu sulit, kan?

Baca juga: 5 Tren Video Marketing Di Tahun 2019

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes.com, Techopedia.com, Blockgeeks.com
TAGS
RECOMMENDATION

Mau Sukses? Coba Baca Buku Ini!

Membaca menjadi sangat penting jika ingin sukses dalam bisnis. Berikut 19 buku untuk memicu ide dan pemikiran kreatifmu di 2019.

Minggu, 6 Januari 2019 | 10:00 WIB
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB