LogoDIGINATION LOGO

Wow, TikTok Aplikasi Terpopuler di Dunia!

author Oleh Alfhatin Pratama Senin, 26 November 2018 | 08:30 WIB
Share
Aplikasi TikTok (shutterstock)
Share

TikTok adalah aplikasi media sosial yang dikembangkan oleh Byte Dance, sebuah perusahaan teknologi asal Tiongkok. Aplikasi ini semakin populer dari tahun ke tahun sejak diluncurkan  September 2016. Aplikasi yang lebih dikenal sebagai Douyin di Tiongkok ini memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur, seperti membuat dan membagikan video, bernyanyi secara lip sync, dan melakukan live broadcasting dengan berbagai filter artistik.

Di Amerika Serikat (AS), TikTok diunduh oleh 10 juta pengguna pada Kuartal I tahun 2018. Sejak 6 November, hal ini menempatkannya sebagai aplikasi non-permainan yang paling banyak diunduh di App Store di ASMeroketnya TikTok menggeser Whatsapp, WeChat, bahkan Facebook.

Dilansir dalam The Verge, aplikasi ini telah mencapai sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di 150 negara di dunia. Jika digabungkan dengan aplikasi permainan, data dari SensorTower menunjukkan hasil yang menakjubkan, yaitu TikTok diunduh oleh sekitar 105 juta pengguna di seluruh dunia pada Kuartal I tahun 2018. Ini menempatkan TikTok pada posisi teratas diikuti aplikasi permainan yang sedang populer di kalangan masyarakat, PUBG yang diunduh oleh 90 juta pengguna.

Baca juga: Sudah Pakai WhatsApp Business Untuk Toko Onlinemu?

Ilustrasi mengunduh TikTok (shutterstock)

Lexi Sydow, Markets Insights Manager di App Annie, pernah mengomentari soal Tik Tok ini  di CNBC. Menurutnya, daya tarik dari TikTok adalah networking yang dijanjikan bagi para pengguna. Semakin banyak keluarga dan teman yang menggunakan aplikasi ini, semakin banyak manfaat yang dapat diperoleh karena dapat meningkatkan keakraban.

Laurenz Side, YouTuber asal AS berusia 29 tahun, menghabiskan berjam-jam bersama  TikTok saat pertama kali ia mengunduhnya. Di Indonesia, siapa yang tidak mengenal Bowo Alpenliebe atau Bowo TikTok yang menjadi viral karena menggunakan aplikasi ini?

Tidak sedikit masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak, yang ikut-ikutan menggunakan TikTok. Sebagian besar pengguna beranggapan bahwa aplikasi ini sangat adiktif, tak heran ia menjadi aplikasi paling populer di dunia. 

Umumnya, pemain baru seperti TikTok akan kesulitan menembus kecanduan pengguna pada aplikasi populer. Facebook, Snapchat, dan Instagram telah menjadi bagian dari keseharian pengguna sehingga aplikasi-aplikasi baru akan mengalami kesulitan mendisrupsinya tanpa memiliki nilai yang unik.

"Aplikasi apa pun, setelah mencapai tangga teratas, membutuhkan unique value proposition untuk mempertahankan kedudukannya. Jika tidak ada moment atau sesuatu yang benar-benar unik, maka pengguna akan meninggalkan platform itu," kata Lexi. 

Baca juga: Sst, Ada Updates Facebook Untuk 2019

Keberhasilan TikTok, berdasarkan App Annie, dapat dibandingkan dengan aplikasi Vine. Diluncurkan 2013, Vine hanya bertahan 468 hari dalam 10 aplikasi yang paling banyak diunduh sebelum tutup usia setelahnya. Contoh lain, HQ Trivia, aplikasi permainan yang banyak diunduh  3 bulan awal peluncuran. Setelah itu, peringkatnya terus merosot.

Nah, bagaimana dengan TikTok? Mampukah dia mempertahankan momentum popularitas ini? Atau bakal menyusul Vine dan HQ Trivia?

Menurut Lexi, TikTok versi terbaru yang diluncurkan Agustus 2018 mengambil langkah yang sangat baik karena bergabung dengan Musical.ly, aplikasi media sosial seperti TikTok yang juga dikembangkan oleh ByteDance. 

Hal itu membuat semua akun pengguna Musical.ly secara otomatis beralih ke TikTok. Sebelumnya, di negara seperti Amerika Serikat, Musical.ly lebih dikenal luas. 

Selain itu, keberhasilan TikTok lainnya bisa dilihat dari reaksi para pesaing. Facebook, misalnya, sampai meluncurkan sebuah aplikasi bernama Lasso yang mau tidak mau bisa dilihat sebagai tiruan TikTok. 

Di sisi lain, meski jadi aplikasi paling populer di dunia, TikTok juga dikeluhkan karena menampilkan konten-konten negatif "mengarah" ke pornografi. Soal yang terakhir ini, jangan ditiru, ya!

Baca juga: WeChat Mulai Rambah Pembayaran Digital di Rumah Sakit

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: CNBC, The Verge
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB