LogoDIGINATION LOGO

Cara Mudah Dapat Uang Meski Masih Kuliah!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 8 Oktober 2018 | 16:20 WIB
Share
Ilustrasi studentpreneur (Shutterstock)
Share

Kebutuhan perkuliahan makin lama semakin membengkak setiap semesternya, mesti fotokopi materi ini lah, bayar iuran kepanitiaan itu lah. Uang saku yang diberikan orang tua pun  kadang tidak cukup. Lalu harus cari uang dimana? Kan belum lulus belum bisa cari kerja?

Kata siapa kalau mau menghasilkan uang harus nunggu lulus?

Berikut 7 cara yang kamu bisa lakukan untuk menghasilkan uang tanpa mengganggu jadwal kuliahmu seperti dilansir dari Startuped.

Blogging

Jika hobimu menulis, blogging bisa menjadi salah satu alternatif. Dengan menerima pemasangan iklan di blogmu, kamu bisa mendapatkan tambahan uang, itung-itung bisa membayar fotokopi materi kuliahmu.

Penulis lepas 

Menjadi penulis lepas juga bisa jadi pilihan. Sekarang banyak permintaan untuk menulis konten, artikel dan lain-lain. Kamu bisa mencobanya, dan mungkin saat sudah lulus, bisa jadi karirmu adalah copywriter. 

Baca juga: 6 Alasan Mulai Bisnis Sejak Mahasiswa

Jadi Youtubers

Kamu tahu, kan, banyak orang jadi kaya karena Youtube? Yap! Youtube membayar kreator dari iklan yang diselipkan dalam video di platform tersebut. Jika suka membuat video, kamu bisa membuat konten tentang apapun sesuai dengan kemauanmu. Bisa tentang teknologi, keuangan, kecantikan, video lucu atau kehidupan perkuliahanmu dan mengunggahnya di Youtube.

Garage sale

Punya banyak barang atau buku-buku kuliah yang sudah tidak terpakai atau tidak diperlukan lagi? Daripada memakan tempat, kamu bisa menjualnya di situs jual beli seperti OLX atau Quikr. Lumayan, daripada menumpuk di kosan kamu bisa menjualnya dan mendapatkan uang.

Menyewakan barang

Kalau masih sayang dengan barang-barang tersebut dan tidak mau menjualnya, kamu bisa menyewakannya saja. Dengan memanfaatkan situs seperti OLX kamu bisa menghasilkan uang dengan cara menyewakan barang-barangmu ke orang lain.

Baca juga: Butuh Modal? Kamu Bisa Pinjam ke Startup

Graphic designer

Kuliah jurusan DKV (Design Komunikasi Visual) atau memiliki keahlian membuat desain grafis dan mahir menggunakan photoshop atau ilustrator? Kamu dapat bekerja menjadi graphic designer dan membuat grafis untuk poster hingga iklan suatu perusahaan. Kamu bisa mencoba mengiklankan diri melalui Fiverr atau 99designs, siapa tahu ada yang butuh jasamu!

Dropshipper

Menjadi dropshipper sedang tren di kalangan mahasiswa dimana kamu tidak perlu punya inventaris atau bahkan modal. Cukup bermitra dengan vendor atau produsen dan kamu tinggal mengiklankan atau mempromosikan barang-barang mereka ke teman-teman kuliahmu. Ketika sudah mendapatkan pesanan, kamu tinggal meneruskan ke vendor dan mereka akan mengirimkan barang itu kepada pembeli.

Bagaimana? Kamu tertarik dengan cara-cara di atas? Mudah, kan? Kamu dapat memulai jalanmu menjadi studentpreneur dan menghasilkan uang meskipun masih kuliah. Uang sakumu terjamin, mungkin bisa membiayai sendiri kuliahmu atau bahkan bisa memberi sebagian kepada orangtua. Keren, kan?

Yuk, mulai!

Baca juga: Masih Mahasiswa? Yuk, Bikin Bisnis!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Startuped.net
TAGS
RECOMMENDATION

3 Kunci Sukses Migrasi ke Bisnis Digital

Kunci terjun ke bisnis digital adalah disiplin untuk melayani dan men-deliver apa yang ditawarkan pada media online tersebut. Awaluddin meramu tips bermigrasi ke bisnis digital dalam 3C, yakni Character, Competence, dan Courage. Yuk disimak

Minggu, 26 Agustus 2018 | 10:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB