LogoDIGINATION LOGO

Implementasi Smart City Bisa Dengan Kolaborasi

author Oleh Sukindar Senin, 23 Juli 2018 | 15:31 WIB
Share
Smart city atau kalau di dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kota Cerdas merupakan kota masa depan yang banyak diidam-idamkan oleh banyak kota, tak terkecuali kota-kota di Indonesia
Share

Smart city atau kalau di dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kota Cerdas merupakan kota masa depan yang banyak diidam-idamkan oleh banyak kota, tak terkecuali kota-kota di Indonesia.

Namun tentunya, implementasi model kota ini membutuhkan dukungan infrastruktur yang mumpuni, tenaga yang andal, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Oleh karenanya, belum banyak kota di Indonesia yang mampu menjadi smart city, kalaupun ada belum terimplementasi sepenuhnya.

Mengikuti jejak kota cerdas sebelum-sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo pun berencana membangun infrastruktur smart city di kabupaten tersebut.

Dalam hal ini, Pemkab Sidoarjo akan berkolaborasi dengan Indosat Ooreedoo Business dalam implementasi pembangunan infrastruktur tersebut.

Secara garis besar, Indosat Ooredoo akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Pemkab Sidoarjo, memberikan pelatihan operasionalisasi infrastruktur fiber optic (FO), serta memberikan workshop dan sharing session mengenai aplikasi-aplikasi smart city.

Baca Juga:
Inilah Peluang dan Ancaman Inovasi Kota Masa Depan

Group Head Sales Regional Account Indosat Ooredoo Fuli Humaeroh mengatakan, “Melalui kerja sama ini, implementasi smart city diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada warga yang diberikan Pemkab Sidoarjo. Semoga kerja sama ini dapat berlangsung terus dan ditingkatkan di masa datang.”

Melalui kerja sama ini, Indosat Ooreedoo berharap dapat mendorong transformasi digital termasuk dalam bidang pemerintahan dengan produk-produk, solusi dan layanan TIK.

Baru-baru ini, penandatanganan kerja sama antara Pemkab Sidoarjo dan Indosat Ooreedoo Busibess telah dilakukan, disertai dengan penyampaian paparan mengenai berbagai perkembangan terbaru teknologi, produk, dan kebijakan-kebijakan terkait smart city.

 “Kerjasama ini akan terus berkembang dengan terus menambah jangkauan jaringan fiber optic, data recovery center dan aplikasi-aplikasi untuk mendukung smart city,” pungkas Fuli.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB