LogoDIGINATION LOGO

Bagaimana Masyarakat Indonesia Memilih Marketplace?

Oleh Sukindar Rabu, 6 Juni 2018 | 03:11 WIB
Share
Perkembangan industri digital mendorong banyak bidang lain untuk bertransformasi
Share

Perkembangan industri digital mendorong banyak bidang lain untuk bertransformasi. Tak terkecuali bidang jual beli, yang sangat familier di kehidupan sehari-hari.

Didukung dengan adanya kemunculan beragam marketplace baru, transaksi jual beli yang semula harus mempertemukan kedua belah pihak, kini bisa dilakukan dengan mudah meskipun harus terbatas jarak.

Meskipun demikian, setiap orang memiliki pilihan masing-masing dalam menentukan platform yang akan digunakan dalam bertransaksi.

Dari segi reputasi, berdasarkan ecommerceIQ E-Marketplace Indonesia Survey, Blibli.com dan Tokopedia menempati urutan pertama dan kedua pilihan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Untuk pilihan harga termurah,  Shopee berada paling atas diikuti oleh Bukalapak dan Lazada di urutan selanjutnya.

-

Baca Juga:
Perang Iklan di Televisi Antar E-commerce, Siapa yang Menang?

JD.ID dianggap sebagai layanan yang paling mampu menawarkan pilihan produk terpercaya, disusul oleh Blibli.com dengan angka yang terpaut cukup jauh.

Urusan pilihan produk, Tokopedia menjadi pilihan utama, mengalahkan Bukalapak dan Shopee dengan angka yang mencapai sekitar 16,8%.

Blibli.com menjadi penyedia layanan yang memiliki pelayanan aduan terbaik di antara kebanyakan marketplace yang muncul di Indonesia.

Gratis ongkos pengiriman menjadi senjata utama Shopee dalam menjangkau lebih banyak pengguna, di mana Tokopedia hampir tidak menjadi pilihan.

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan pilihan metode pembayaran lengkap, Lazada menjadi pilihan utama untuk melakukannya.

Meskipun tidak mampu mengalahkan marketplace lain di beberapa hal yang telah dijabarkan, Bukalapak memiliki aplikasi, tingkat keamanan, dan program loyalitas yang dianggap paling baik di bandingkan lainnya.

Lalu, apakah hasil survei yang dilakukan oleh E-Commerce ini berlaku juga untukmu?

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB