LogoDIGINATION LOGO

Kuasai 4 Tools Dasar Digital Marketing 

author Oleh DQLab Selasa, 20 Februari 2024 | 14:38 WIB
Share
Share

 

Digital marketing telah menjadi elemen yang penting dalam melaksanakan strategi pemasaran bisnis di era digital. Bahkan banyak perusahaan sudah bergantung dengan tools digital marketing untuk tetap bertahan dan relevan di market. Dengan perkembangan teknologi, ada banyak tools yang dapat membantu Anda mencapai keberhasilan dalam upaya pemasaran secara online. 

Ada banyak tools yang biasa digunakan oleh para marketer di industri untuk mendapatkan strategi marketing pintar guna meningkatkan visibilitas dan meraih kesuksesan dalam bisnis online. Ingin tahu apa saja toolsnya? simak empat tools dasar yang bisa digunakan berikut ini:

  1. Google Analytics

Tentunya, salah satu tools ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Google Analytics adalah salah satu tools analisis web yang paling populer dan kuat. Dengan menggunakan Google Analytics ini Anda dapat melacak traffic di situs web bisnis Anda, memahami perilaku pelanggan dan dapat mengukur kinerja campaign marketing bisnis secara efektif. Analisis data dapat membantu membuat sebuah keputusan yang lebih cerdas berdasarkan identifikasi temuan baru berdasarkan data.

Baca juga: Cara Data Science Optimalisasi Digital Marketing

  1. Canva

Menawarkan produk atau layanan bisnis tentu akan lebih menarik apabila kita membuatkan penawarannya melalui desain visual. Canva adalah satu tools desain online gratis yang bisa digunakan untuk membuat desain menarik terkait produk atau layanan bisnis Anda, bahkan tidak membutuhkan keahlian teknis atau software mewah untuk menggunakan platform ini.

Tidak harus membutuhkan waktu yang sangat lama, dengan Canva  Anda bisa membuatnya sendiri dari awal menggunakan template yang telah tersedia ataupun membuatnya sesuai dengan preferensi Anda, mulai dari font, warna, bentuk khusus, hingga dapat menambahkan gambar atau video. Selain itu juga, tersedia pilihan templates yang bisa dipilih untuk postingan di media sosial, blog, presentasi, dan lainnya. Ini sangat membantu kebutuhan marketer dalam menaikkan campaign tanpa harus menginstall software desain.

  1. Social Media Management Tools

Untuk bisnis online, sosial media merupakan channel penting untuk berinteraksi dengan audiens. Social media management tools seperti Hootsuite, Buffer, atau Sprout Social dapat membantu Anda dalam mengelola postingan konten, monitoring engagement/respon dari pengguna, dan menjadwalkan konten postingan secara efisien. Dengan menggunakan tools management untuk social media, Anda dapat mengidentifikasi trend dan meningkatkan strategi konten berdasarkan analisis data.

  1. Email Marketing Platform

Email marketing tetap menjadi cara pemasaran digital yang efektif. Mengapa? hal ini karena Anda dapat melakukan personalisasi konten email sesuai dengan segmentasi dan target pelanggan yang dituju. Anda dapat menggunakan platform email marketing seperti Mailchimp, Constant Contract, atau Sendinblue untuk mengirimkan newsletter, promosi, dan informasi penting lainnya kepada pelanggan Anda. 

Baca juga: Tutorial Belajar Pemrograman Python Dasar, Pemula Wajib Tahu

Dengan demikian, pelanggan Anda akan tetap ter-update mengenai informasi atau penawaran menarik lainnya terkait produk atau layanan bisnis Anda. Agar strategi ini berhasil, pastikan Anda mengirimkan email kepada orang yang tepat dan di waktu yang tepat. Gunakan subject yang menarik dan bervariasi termasuk pemilihan gambar atau baris subject yang berbeda untuk meningkatkan engagement.

Dengan menguasai dan menggunakan keempat tools diatas, dapat memungkinkan Anda untuk develop strategi digital marketing yang lebih efektif, engage dengan pelanggan, dan sukses dalam era digital yang terus berkembang ini. Ingin strategi digital marketing lebih optimal dan solutif? Anda bisa mulai implementasikan bahasa Python untuk membantu menganalisis strategi marketing berdasarkan data. DQLab adalah salah satu kursus belajar Data Science, tersedia program belajar Python yang bisa Anda ikuti menggunakan modul terstruktur dan belajar bersama praktisi profesional data di industri. Informasi program dan pendaftaran kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB