LogoDIGINATION LOGO

 Ini 4 Benefit dari AI yang Wajib Kamu Ketahui!

author Oleh DQLab Senin, 12 Februari 2024 | 18:20 WIB
Share
Share

 

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi bagian integral dalam perkembangan teknologi modern. AI sendiri adalah bidang yang cakupannya cukup besar dan luas, karena terdiri dari beberapa ilmu disiplin dan menggunakan tools & platform yang bervariasi. Berbagai sektor kehidupan manusia telah mengadopsi teknologi AI ini untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inovasi. 

Berikut adalah deretan manfaat dari teknologi AI, bisa juga sebagai tools dalam menemukan opsi serta trend dari data yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan operasional untuk bisnis. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Analisis Data yang Cepat dan Akurat

Teknologi AI mampu menganalisis data dalam skala besar dengan cepat dan akurat. Sehingga hal ini memungkinkan perusahaan bisnis dalam membuat keputusan lebih baik efisien karena berbasis data, selain itu juga dapat mengidentifikasikan trend, dan melakukan prediksi hasil yang lebih presisi.

Baca juga: Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Kualitas yang Lebih Baik dan Pengurangan Human Error

Tentunya dalam bisnis kita akan mengharapkan adanya pengurangan kesalahan operasional dan patuh terhadap standar yang sudah ditetapkan ketika mengimplementasikan AI dalam prosesnya. Ketika AI dan Machine Learning diintegrasikan dengan teknologi yaitu salah satunya otomatisasi, maka akan membantu mengerjakan tugas-tugas yang berulang dan berbasis aturan. Ini, tidak hanya memberikan efisiensi tetapi juga membantu mengurangi kesalahan yang dapat terjadi.

Availability Penggunaan 24/7

Keunggulan lainnya dari implementasi AI adalah ketersediaan penggunaan 24/7 atau sepanjang waktu. Sistem AI dapat beroperasi dan memberikan layanan tanpa memandang waktu ataupun hari, sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya secara konsisten tanpa perlu istirahat.

Sistem AI yang aktif sepanjang waktu dapat terus-menerus melakukan monitoring dan mendeteksi anomali atau perubahan yang mencurigakan. Ini akan sangat bermanfaat dalam bidang keamanan cyber dan pengelolaan sistem untuk mencegah masalah sebelum mereka berubah menjadi suatu ancaman yang lebih serius 

Asistensi Digital

Asisten digital merupakan konsep yang erat dengan entitas digital yang bertindak sebagai asistensi atau pendamping bagi pengguna. Dalam konteks AI, asistensi digital akan merujuk pada penerapan teknologi AI yang memberikan bantuan, informasi, atau eksekusi tugas tertentu kepada pengguna.

Baca juga: Ini Manfaat Belajar dengan Fitur AI di DQLab

Sudah banyak perusahaan melakukan interaksi dengan pelanggan atau asistensi langsung menggunakan asisten digital yaitu seperti Chatbot. Beberapa Chatbot dibuat sedemikian rupa sehingga sulit membedakan apakah kita sedang berbicara dengan manusia atau chatbot. Membuat Chatbot berfungsi sebagai asistens pribadi dan juga bisa memberikan tanggapan dari sebuah pertanyaan serta memberikan dukungan tanpa kebutuhan untuk interaksi langsung layaknya manusia.

Dengan memahami dan memanfaatkan AI, kita akan menjadi semakin tahu dampak positif yang diberikan dalam untuk industri bisnis. Penting untuk terus mengembangkan wawasan ilmu AI dan memastikan pemanfaatannya yang etis dan bertanggung jawab. Ingin belajar menggunakan fitur AI? DQLab adalah platform belajar data yang memberikan materi dan modul terstruktur untuk belajar Data Science, Data Analyst, dan Data Engineer. Informasi pendaftaran dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB