LogoDIGINATION LOGO

Barisan Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Tahun 2024

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 30 Januari 2024 | 13:29 WIB
Share
Share

Peminat mobil listrik di Indonesia terus meningkat. Hal ini dilhat dari banyaknya pengguna mobil listrik yang terus meningkat. Setidaknya pengguna mobil listrik di Indonesia telah mencapai 20 ribu pengguna mobil listrik pada 2023. Maraknya sosialisasi praktik sustainability mendukung pertumbuhannya mobil listrik. 

Melihat tingginya antusias mobil listrik di Indonesia. Berikut merupakan rincian dari beberapa mobil listrik yang akan meluncur tahun ini:

  1. VinFast VF 5

Merek Vietnam ini berkomitmen untuk memilih Indonesia sebagai salah satu jaringan produksinya. Beriringan dengan hal itu, VinFast sekaligus akan memperkenalkan VinFast VF 5 sebagai produk yang menjadi bagian dari awal kiprahnya di Indonesia.

VinFast VF 5 merupakan mobil listrk dalam format crossover city car. Produk yang pertama kali diperkenalkan dalam Consumer Electronics Show (CES) 2002 ini merupakan EV dengan baterai 37 kWh berkemampuan jelajah sekitar 300 kilometer.

Mobil dengan output sekitar 130 daya kuda ini hadir dalam desain yang kompak sehingga dianggap pas sebagai partner mobilitas perkotaan yang dinamis.

Baca juga: Punya Kendaraan Listrik? Ini 3 Jenis SPKLU Yang Ada di Indonesia

  1. VinFast VF 6

Produk berikutnya yang juga akan dihadirkan tahun ini oleh merek Vietnam itu adalah VinFast VF 6. Mobil ini merupakan mobil listrk dalam format crossover SUV sehingga hadir sebagai mobil ramah lingkungan yang siap untuk berjelajah dalam beragam medan.

Mobil ini ditawarkan dalam dua varian dengan kemampuan 174 hingga 201 powerhorse. Mobil dengan baterai 59 kWh ini pun siap untuk menjadi mitra berpetualang karena memiliki daya jelajah hingga sekitar 400 kilometer.

  1. BMW iX

Pabrikan Jerman ini menjadi salah satu merek yang akan mewarnai awal tahun 2024 dengan produk baru. Berdasar undangan yang diterima oleh Marketeers, BMW akan melakukan peluncuran produk baru pada 2 Februari 2024.

BMW belum mengungkap produk apa yang akan diluncurkan tersebut. Dalam undangan itu, BMW hanya menyebut bahwa merek itu akan meluncurkan dua kendaraan SAV full-listrik yang menekankan tema BMW tahun ini yakni ‘All-Electric Luxury‘.

Baca juga: Pakai Mobil Listrik? PLN Sediakan 616 SPKLU di 237 Lokasi

Dari situ, produk yang kemungkinan akan meluncur merupakan EV dalam jajaran iX series mulai dari iX, iX3, iX2 atau iX1. Peluncuran ini pun menegaskan tren permintaan mobil dalam wujud SUV yang oleh BMW disebut juga sebagai sport acitity vehicle (SAV).

  1. BYD Dolphin

Build Your Dream Company Limited atau BYD berkomitmen untuk meramaikan pasar EV lewat beberapa produk, salah satunya BYD Dolphin.

Mobil ini merupakan mobil hatchack elektrik yang dibekali dengan beragam fitur terkini. Artinya, meski didesain sebagai mobil perkotaan, tapi merek China ini mengemas produk tersebut sebagai produk yang nyaman dan futuristik.

Secara performa, mobil ini ditunjang oleh daya jelajah sekitar 410 hingga 490 kilometer. Powertrain elektrik dari mobil ini mampu menyajikan tenaga sebesar 201 powerhorse dan torsi 310 Nm. Karenanya, mobil ini mampu melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 7 detik saja.

  1. BYD Atto 3

Produk berikutnya yang akan diluncurkan adalah BYD Atto 3 yang dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan kendaraan ramah lingkungan dalam format SUV.

Secara spesifikasi, mobil ini juga hadir dalam daya jelajah sekitar 420 kilometer dengan kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 7,3 detik. Sebagai SUV, mobil ini hadir dengan beragam keunggulan baik dari aspek kelegaan kabin maupun dari aspek ground clearance yang cukup tinggi.

  1. BYD Seal

Produk ini merupakan salah satu flagship yang akan ditawarkan oleh BYD. Mengingat, BYD Seal hadir sebagai sedan dengan daya jelajah sekitar 570 kilometer dan mampu dipacu dari 0 hingga 100 kilometer/jam hanya dalam 3,8 detik.

Meski hadir sebagai mobil yang cukup buas, tapi sedan ini tampil dalam desain yang cukup minimalis. Baik dari tampilan fascia hingga bagian rear-end. Seluruh produk dari BYD ini sendiri sebenarnya telah diperkenalkan di Indonesia. Tapi, hingga saat ini BYD belum mengungkap harga dari produk-produk itu.

Sumber:

https://www.marketeers.com/barisan-mobil-listrik-yang-meluncur-tahun-2024-di-indonesia/ 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB