LogoDIGINATION LOGO

Menristekdikti Dorong Kampus Buka Prodi Ekonomi Digital

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 23 Februari 2018 | 07:00 WIB
Share
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong intitusi perguruan tinggi untuk segera merespon perkembangan era industry 4
Share

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong intitusi perguruan tinggi untuk segera merespon perkembangan era industry 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi secara masif di berbagai bidang.

“Pendidikan tinggi harus segera melakukan perubahan mendasar dan mengembangkan apa yang dibutuhkan pasar saat ini. Semua aspek di pendidikan tinggi harus bisa melakukan perubahan dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0,” ujar Nasir di Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu, dikutip dari siaran resmi (Jumat, 23/2).

Upaya yang bisa dilakukan oleh perguruan tinggi dalam mengatisipasi perubahan teknologi dan informasi yang begitu pesat dan sudah berjalan sekarang ini, menurut Nasir antara lain dengan membuka program studi di bidang ekonomi digital.

“Saya telah mencabut Peraturan Menteri mengenai adanya pembatasan-pembatasan Prodi. Intinya membuka prodi harus jelas rumpun ilmunya di mana, target pasarnya apa dan juga apa yang dibutuhkan tenaga kerja ke depannya,” ungkap Nasir.

“Apakah Prodi itu bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau bisa diserap oleh dunia kerja, sehingga Prodi yang dibutuhkan bisa sesuai. Prodi bisa dibuka dan tidak ada pembatasan asalkan dapat memenuhi kebutuhan pasar dan dunia kerja saat ini dan ke depannya,” tambah Nasir.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB