LogoDIGINATION LOGO

Wireless Mesh Network, Ini Keuntungannya!

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Jumat, 25 Agustus 2023 | 11:32 WIB
Share
Share

 

Sudahkah gunakan Mesh Network dirumah kamu? Wireless Mesh Network ini menjadi salah satu sistem yang digunakan khususnya untuk jaringan di rumah ataupun perumahan.

Secara sederhana, Wireless Mesh Network adalah jenis jaringan komunikasi di mana setiap perangkat dalam jaringan berkomunikasi langsung dengan beberapa perangkat lain di sekitarnya, membentuk jaringan yang terhubung dan terdistribusi. Dalam jaringan mesh, setiap perangkat dapat berfungsi sebagai titik akses dan juga sebagai pengulang sinyal untuk perangkat lain di sekitarnya.

Konsep utama dari mesh network adalah redundansi dan keterhubungan yang kuat. Dengan banyak jalur komunikasi yang tersedia melalui berbagai perangkat yang berinteraksi satu sama lain, jaringan mesh menjadi lebih tahan terhadap gangguan atau kegagalan satu titik akses. Jika salah satu perangkat mengalami masalah, data masih dapat diteruskan melalui jalur alternatif.

Baca juga: Begini Memilih Provider Internet Tepat dan Tercepat

Mesh network memiliki beberapa keunggulan, terutama dalam konteks jaringan nirkabel atau jaringan seluler:

  1. konektivitas yang Kuat

Setiap perangkat terhubung langsung dengan beberapa perangkat lain, sehingga jaringan menjadi sangat terhubung dan dapat mencapai area yang luas.

  1. Redundansi

Kehadiran banyak jalur komunikasi mengurangi risiko kegagalan jaringan. Jika salah satu perangkat atau jalur rusak, data masih dapat mengalir melalui jalur lain, karena mesh network memiliki sistem redundansi (Duplikasi data).

  1. Skalabilitas

Pengguna dapat menambahkan lebih banyak perangkat ke jaringan mesh tanpa mengganggu kinerja atau stabilitas keseluruhan.

  1. Cakupan Luas

Jaringan mesh sangat cocok untuk area yang sulit dijangkau oleh satu titik akses tunggal, seperti area besar atau dengan banyak rintangan fisik.

  1. Fleksibilitas

Jaringan mesh dapat diatur ulang dengan mudah karena setiap perangkat dapat berfungsi sebagai titik akses atau poin pengulang.

Baca juga: Hati-hati Penipuan Online, Rekening Bisa Langsung Terkuras

Jaringan mesh banyak digunakan dalam berbagai konteks, termasuk jaringan Wi-Fi rumah tangga yang cakupannya besar, jaringan seluler, sensor jaringan dalam Internet of Things (IoT), dan bahkan jaringan ad hoc dalam skenario darurat atau militer di mana infrastruktur tetap tidak tersedia.

Wireless mesh network dapat memberikan solusi memperluas coverage area tanpa mempengaruhi kecepatan koneksi. Setiap perangkat berada di luar jangkauan router, hubungan terputus akan mencoba menghubungi kembali. Mampu lebih cepat dan efisien mengirimkan sinyal wifi sehingga tidak merasakan sambungan terputus. Setiap mesh dasarnya bertindak sebagai router sendiri yang dapat mempengaruhi kualitas koneksi.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB