Demi mendukung prioritas Kementerian Pariwisata yaitu “digital tourism” dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, maskapai nasional Garuda Indonesia berusaha meningkatkan transaksi online melalui website dan mobile app mereka.
Upaya tersebut dilakukan dengan memberikan promo khusus bagi konsumen mereka melalui program “Garuda Indonesia Surprise Deal”. Program tersebut berupa mini travel fair yang dilakukan melalui fitur platform digital khususnya website dan mobile apps, yang mencakup promo khusus seperti potongan harga dan cashback kepada konsumen.
“Pelaksanaan “Garuda Indonesia Surprise Deal” ini merupakan salah satu bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk mencapai target kunjungan wisata dan juga sejalan dengan program “digital tourism” yang dicanangkan Kementerian Pariwisata,” ujar Nina Sulistyowati, Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, dikutip dari siaran resmi (Kamis, 22/2).
Nina menambahkan, “Transaksi digital terutama dalam pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara daring terus meningkat dari tahun ke tahun. Ke depannya Garuda Indonesia akan mengedepankan pangsa pasar melalui penjualan secara digital.”
Disampaikan oleh Nina, tren transaksi penjualan tiket online kini menjadi salah satu preferensi utama pembelian tiket pesawat. Melalui program “Surprise Deal” tersebut, Garuda Indonesia berupaya meningkatkan awareness masyarakat terhadap plaftform digital perusahaan yang mengusung konsep “Garuda Indonesia Digital Experience”.
“Penyelenggaran program ini juga sekaligus menjadi strategi perusahaan dalam memperkuat penetrasi pasar digital di mana hingga kuartal 3 – 2017 kemarin kami berhasil membukukan peningkatan transaksi digital hingga 7,2 persen dengan capaian transaksi sebesar USD 186,5 Juta. Adapun pada tahun 2018 ini kami menargetkan peningkatan pertumbuhan pasar digital hingga mencapai 8,30 persen dengan capaian target transaksi sebesar USD 242,4 juta,” tutup Nina.