LogoDIGINATION LOGO

Ini Cara AI bantu Tingkatkan Konten Marketing

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 28 Juli 2023 | 18:10 WIB
Share
Share

 

Begitu banyak alasan mengapa Artificial Intelligence kini menjadi primadona di industri.  Secara penjelasannya, Artificial Intelligence adalah bidang yang besar dan luas, karena terdiri dari beberapa ilmu disiplin dan variasi tools serta platform yang digunakan. AI sendiri tidak memiliki teknik kecerdasan yang terbatas, dengan semakin banyaknya bisnis yang mencari inovatif, AI menjadi salah satu solusi yang paling dicari.

Kehadiran Artificial Intelligence ini sangat disambut oleh digital marketer untuk membantu mendorong traffic konten secara efisien dan strategi baru memproduksi konten berdasarkan AI. Mulai dari pemilihan topik konten, pengoptimalan SEO dan personalisasi, AI mampu membantu memberikan strategi konten marketing tanpa harus mengeluarkan effort yang terlalu besar. DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum beberapa penjelasan bagaimana AI bisa meningkatkan konten marketing. Simak kelima penjelasannya berikut ini ya.

Personalisasi

Di dunia digital marketing saat ini, perlunya pendekatan yang berbeda kepada pelanggan bahwa bisnis mereka memiliki nilai yang berharga. Dengan AI, bisa membantu memahami segmen atau target pelanggan serta mengumpulkan data-data pelanggan untuk membuat profil. 

Adanya AI yang mampu mempelajari audiens berdasarkan algoritma, algoritma sendiri akan melacak preferensi personal pelanggan. Sehingga marketer dapat mempersonalisasikan rekomendasi produk atau layanan melalui konten pesan yang sesuai dengan kebutuhan audiens atau value yang dimiliki pelanggan dan juga meningkatkan keterlibatan audiens dengan merek bisnis kita.

Baca juga: Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Adanya analisis mendalam menggunakan data yang dilakukan AI, hal ini juga bisa melacak data tentang audiens mengunjungi situs web bisnis kita lho. Content creator mampu menganalisis berapa jumlah pengunjung, lokasi audiens mengunjungi situs web, konten yang mereka konsumsi, hingga durasi yang mereka habiskan di situs web.

Menghasilkan Topik Konten

Memilih topik konten dan isi pesan yang ada pada konten membutuhkan riset yang cukup lama, dan bahkan jika kita sudah memiliki topik yang banyak kita akan semakin bingung topik mana yang sedang trend di pencarian. Disinilah peran AI membantu menghasilkan ide dan topik konten yang bisa diimplementasikan, tidak hanya mampu memberikan topik terkini yang sedang happening melainkan juga menghemat waktu bagi tim marketing. 

AI dapat membantu memanajemen konten marketing, yaitu seperti membantu membuat judul konten unik yang bisa menghasilkan peningkatan pengunjung baik di situs web maupun di media sosial dan AI dapat mengidentifikasi konten yang bisa di update berdasarkan data crawling

Meningkatkan User Experience

User experience sangatlah penting bagi bisnis, ketika pelanggan mendapatkan pesan konten yang tepat maka pelanggan akan menikmati interaksi tersebut dan bisa memberikan pengalaman mereka yang positif dengan merek bisnis. Algoritma AI dapat mengotomatiskan tugas yang berulang dan memberikan rekomendasi cerdas dalam membantu pelanggan membuat keputusan yang lebih tepat yang bisa meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap merek bisnis. Rekomendasi cerdas ini berdasarkan perilaku mereka, preferensi, dan juga minat pengguna sebelumnya.

Membantu Menganalisa Performa Konten 

Tidak ada formula sederhana untuk membuat konten menjadi viral, dibutuhkannya berminggu-minggu atau bertahun-tahun sekalipun. Tim marketing perlu menganalisis kinerja pada konten, tetapi jika dilakukan secara manual akan memakan waktu yang sangat lama. Ditambah jika proses diikuti dengan campur tangan manusia maka akan memungkinkan terjadinya kesalahan. 

Baca juga: Terobosan Baru Belajar Coding Lewat AI, Mau Coba?

AI menjadi ‘audit tools konten’ yang mampu bekerja lebih cepat dan akurat, AI bisa mengidentifikasikan performa baik atau buruknya pada konten serta memberikan saran konten seperti apa yang berperforma baik dan buruk. Adanya AI yang membantu mengoptimalkan konten, memungkinkan tim marketer meningkatkan konten marketing next level.

Tidak hanya memberikan konten lebih baik, efisiensi dan sistem prediktif yang dimiliki AI ini mampu menghadirkan banyaknya manfaat lainnya bagi bisnis termasuk menghadirkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti oleh bisnis. 

Kehadiran AI begitu penting untuk kita sadar akan kecanggihan teknologi, agar kita mampu mengendalikannya, kamu bisa mulai mendalami ilmu Artificial Intelligence bersama DQLab. DQLab adalah platform belajar online Data Science dan memberikan rangkaian belajar bidang Data langsung bersama mentor praktisi data profesional di industri melalui program LiveClass. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi  laman https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB