LogoDIGINATION LOGO

Generative AI Menyatukan Bisnis dengan Dunia Fisik dan Digital 

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 14 Juli 2023 | 17:54 WIB
Share
Share

 

Di era big data seperti saat ini, data telah menjadi ujung tombak suatu pengambilan keputusan perusahaan. Data diibaratkan sebagai bahan bakar baru sebelum sebuah perusahaan melangkah lebih jauh untuk bisnis mereka. 

Ditambah hadirnya kecerdasan buatan (AI), melahirkan sebuah konsep yang luar biasa dari data. Bahkan kemunculan ChatGPT telah menangkap perhatian dunia akan kekuatan Generative AI yang dapat meningkatkan kemampuan kerja manusia.

Lantas bagaimana bagian dari kecerdasan buatan yakni Generative AI membuat dunia fisik dan digital semakin memberikan dampak untuk perusahaan?

Laporan Terbaru The Accenture Technology Vision 2023 yang bertajuk “When Atoms Meet Bits: The Foundation of Our New Reality”, menemukan bahwa kecerdasan buatan (AI) generatif dan teknologi berkembang lainnya akan mengantar bisnis ke masa depan baru di saat dunia fisik dan digital menjadi semakin menyatu.

Baca juga : 7 Perkembangan AI di Tahun 2023

Accenture menjelaskan bagaimana tren teknologi yang mendasari konvergensi dunia fisik dan digital bersamaan dengan semakin banyaknya perusahaan yang ingin mempercepat perubahan bisnisnya saat ini. 

Laporan ini menunjukkan bahwa 99% eksekutif di Indonesia menyetujui bahwa perkembangan Generative AI seperti ChatGPT membuka era baru untuk perusahaan, dan mereka mengharapkan model dasar dari AI tersebut dapat berperan penting dalam strategi perusahaan mereka tiga sampai lima tahun ke depan.

“Sadar atau tidak, jika kehadiran kecerdasan buatan telah membantu kita disegala hal, seperti pada proses customer support, proses otomatisasi, analisa data, produk desain, writing assistance. Proses pembuatan dummy misalnya, ketika kita membutuhkan efek malam hari, generated AI akan memberikan banyak pilihan efek malam hari, jadi kita sudah tidak perlu lagi menunggu malam untuk mengambil photo product, inilah contoh sederhana bagaimana AI sangat efisien dan efektif,” ungkap Budiono Managing Director, Applied Intelligence Accenture Indonesia. 

Baca juga : Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I) Mendorong Perkembangan Teknologi Blockchain di Tanah Air

Setidaknya ada 4 tren kunci yang menjadi highlight pada aporan Accenture Technology Vision 2023:

Digital identity: Kemampuan untuk mengautentikasi pengguna dan aset digital, yang menjadi dasar untuk menjelajahi dunia digital dan fisik, kini dilihat oleh 98% eksekutif di Indonesia sebagai suatu strategi bisnis yang harus dilakukan.

My data, your data, our data: AI tidak bisa mencapai potensi sepenuhnya jika perusahaan tidak menggunakan data secara maksimal, yang artinya mereka harus mengurai data silo dan memodernisasi fondasi data mereka. Accenture menemukan 94% eksekutif di Indonesia setuju bahwa transparansi data adalah kunci keunggulan yang menjadi pembeda bagi perusahaan mereka.

Generative AI: Mendorong kemampuan manusia sebagai co-pilot, rekan kreatif maupun penasihat, hampir semua eksekutif setuju bahwa Generative AIakan memunculkan kreativitas dan inovasi (99%). Mereka juga kagum dengan laju inovasi AI yang belum pernah terjadi sebelumnya (98%).

Our forever frontier: Timbal balik antara sains dengan teknologi yang terjadi semakin cepat dengan saling mempercepat kemajuan satu sama lain. Sebanyak 100% responden di Indonesia meyakini bahwa hal ini akan menjadi pendorong utama untuk berbagai terobosan yang akan terjadi di industri mereka pada dekade berikutnya.

Baca juga : Mengenal Lebih dekat Generative AI

“Temuan ini lebih menguatkan keyakinan kami akan peran kritis Generative AIsebagai elemen dasar dari transformasi digital. Dengan semakin banyaknya bisnis yang menyadari potensi AI generatif, mereka juga semakin membutuhkan bantuan kami dalam berbagai bidang, termasuk mengoptimalkan aplikasi AI, meningkatkan kualitas dan keterampilan tenaga kerja mereka, serta mencari cara yang bertanggung jawab untuk menghadapi  risiko dan tantangan dalam penggunaan teknologi ini,” ungkap Jayant Bhargava Country Managing Director Accenture Indonesia.

Selama 23 tahun, Accenture telah mengambil pandangan sistematis pada lanskap perusahaan untuk mengidentifikasi tren teknologi yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk mempengaruhi bisnis dan industri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai laporan tahun ini, silakan kunjungi https://www.accenture.com/technologyvision atau ikuti percakapannya melalui Twitter di #TechVision.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE