LogoDIGINATION LOGO

Influencer dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 10 Juli 2023 | 17:16 WIB
Share
Share

 

Saat ini cita-cita seseorang tidak hanya sebatas Dokter, Jurnalis, Pengacara atau Guru. Tidak jarang jika kita tanya cita-cita anak kecil jaman sekarang, mereka akan menjawab ingin menjadi Youtuber, Selebgram ataupun TikTokers. Kok bisa ya?

Yups.. Youtubers, Selebgram atau TikTokers, biasanya dikenal sebagai Influencer. Profesi ini tidak hanya membuat kamu terkenal, namun juga karena gaji seorang Youtuber bisa menembus puluhan juta. Mengapa demikian? Influencer bisa mendapat uang tidak hanya dari monetisasi platform, namun dari endorsement, seminar, workshop, dan undangan dari stasiun TV. 

Dilansir dari berbagai sumber, budget influencer di Indonesia jumlahnya berkisar dari 1 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Namun jika dirata-rata, Influencer di Indonesia memiliki Rate Card Rp9,3 juta hingga Rp14 juta per bulan. Rate Card ini disesuaikan dari jumlah followers mereka. Lantas, siapa saja Influencer yang berpenghasilan tinggi di Indonesia? Berikut deretan Influencer yang lahir dari media sosial dan memiliki penghasilan fantastis dari sosial media.

 

  • Arief Muhammad

 

Pertama ada Arief Muhammad. Influencer yang satu ini sebelumnya dikenal sebagai penulis buku Poconggg Juga Pocong, ia juga pebisnis kuliner yang mendapatkan penghasilannya dari media sosial. 

Diketahui, Arief mendapatkan penghasilan dari Instagram kurang lebih Rp10 juta per bulan. Namun angka itu belum termasuk endorse, dengan nilai yang berbeda-beda dari setiap iklan atau barang yang dipromosikan. Arief juga memiliki channel YouTube dengan jumlah subscribers sebanyak 3,07 juta. Dari channel YouTube tersebut, Arief bisa mengantongi uang sedikitnya US$60.000 atau setara dengan Rp858.792.000 per bulan.

Baca juga : Influencer: Ketahui Tugasnya di Era Digital

 

  • Fadil Jaidi

 

Fadil Jaidi menjadi salah satu influencer yang dikenal memiliki tingkah lucu dan konyol. Hampir semua produk pernah dipromosikan oleh Fadil mulai dari produk kecantikan, fashion, kebutuhan anak-anak dan masih banyak lainnya. Memiliki jumlah followers yang cukup banyak yaitu 9.3 juta pengikut. Lewat akun Instagramnya, Fadil bisa mendapat penghasilan lebih dari Rp200 juta per bulan.

 

  • Rachel Vennya

 

Rachel Vennya merupakan influencer yang memiliki penghasilan fantastis dari media sosial. Ia sering membuat konten OOTD, makanan, gaya hidup, aktivitas sehari-hari, hobi, dan lain-lain. 

Dilansir dari detikcom, berdasarkan data yang beredar di media sosial Rachel mematok tarif endorse di Instagram mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta untuk berbagai jenis postingan di Instagram. Sementara tarif endorse di TikTok Rp 60 juta per unggahan, dan YouTube Rp150 juta.

 

  • Sisca Kohl

 

Sisca Kohl merupakan creator content yang sering mengunggah konten masakan menggunakan bahan serta alat masak yang harganya selangit. Salah satu konten Sisca yang membuatnya viral adalah ketika ia adiknya, Aliyyah, membuat konten TikTok memasak nasi goreng seharga Rp400 juta hingga memakan jamur seharga Rp6,5 juta. 

Kekayaan Sisca datang dari jasa endorsement lewat platform Tiktok dan Instagram. Tak hanya mengandalkan sumber uang dari endorsement, Sisca juga berpenghasilan dari adsense YouTube yang bernilai sebesar Rp426 juta dalam kurun waktu sebulan dengan jumlah subscriber lebih dari 934 ribu.

Baca juga : Ini Dia 5 Jenis Influencer Berdasarkan Followers, Agar Kamu Nggak Salah Pilih

 

  • Keanu AGL

 

Selanjutnya ada Keanu. Influencer yang satu ini memang menjadi salah satu selebgram yang tengah naik daun dan memiliki jumlah followers sebanyak 5 juta. Hampir semua jenis produk bisa dipromosikan di akun Instagram Keanu seperti produk fashion, kecantikan, make up dan sejenisnya. Keanu menjadi salahsatu Influencer yang memiliki penghasilan tertinggi karena ia mengaku pernah mendapat endorse paling besar yakni Rp1 miliar rupiah.

 

  • Tasya Farasya

 

Berikutnya ada Tasya Farasya yang terkenal sebagai salah satu beauty vlogger di Indonesia. Karena terkenal akan kecantikan dan juga makeupnya yang keren, selebgram ini sangat cocok mempromosikan produk yang berkaitan dengan fashion, make up dan sejenisnya. Selebgram yang memiliki jumlah followers sebanyak 4,8 juta ini memasang tarif sebesar Rp5 juta per story. Sedangkan untuk feed Instagram tarifnya sebesar Rp12 juta dan IGTV sebesar Rp18 jutaan.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB