LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Influencer Marketing untuk Gen Z

author Oleh DQLab Selasa, 6 Juni 2023 | 17:33 WIB
Share
Share

 

Melakukan pemasaran melalui media sosial di era digital sudah menjadi cara yang paling sering digunakan di berbagai lini bisnis, mulai dari brand awareness hingga testimoni pelanggan sebagai bentuk trik marketing bisnis. Influencer marketing menjadi metode atau trik marketing yang akhir-akhir ini mulai diaplikasikan, karena bagi tim marketer melalui influencer marketing membantu membangun dan terlibat dengan audiens di media sosial melalui unggahan konten.

Melalui konten sebagai bentuk dokumentasi yang dilakukan influencer, ini dapat menarik perhatian dan mendapat kepercayaan audiens terhadap produk atau layanan bisnis-mu. Ketika kamu sudah memutuskan untuk mengaplikasikan metode influencer marketing pada bisnis, maka hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari influencer relevan dengan bisnis yang kamu jalani. 

Ada banyak pilihan influencer di media sosial yang bisa kamu engage untuk bekerja sama atau partner dengan mereka. Agar metode marketing ini berjalan dengan optimal, DQLab Universitas Multimedia Nusantara akan membahas beberapa poin untuk mengenal lebih dalam seputar influencer marketing. Yuk simak artikel berikut.

Gen Z dan Influencer Marketing

Sebagaimana yang kita tahu, Gen Z adalah generasi yang tumbuh dikelilingi oleh teknologi canggih dan bahkan sejak lahir sudah mengenal media sosial atau hiburan digital. Banyak dari Gen Z sudah memiliki dan menggunakan smartphone, serta mempunyai karakter yang dimana mereka melakukan upaya untuk mencari authenticity dan akan bergabung dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengannya. 

Baca juga: 4 Alasan Data Science Penting untuk Keputusan Bisnis

Hal tersebut membuat perusahaan atau bisnis mencoba strategi baru dengan menggunakan pendekatan yang lebih dekat dengan karakter Gen Z, salah satunya yaitu membuat konten media sosial. Kunci dari pembuatan konten media sosial yaitu bagaimana bisnis memfokuskan keaslian (authenticity) mereka secara menyeluruh, maka agar pesan yang ingin disampaikan oleh stakeholders kepada pelanggan Gen Z melalui Influencer Marketing. Sesuai dengan namanya Influencer Marketing adalah salah satu cara marketing di media sosial melalui partnership dengan Influencer yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan bisnis dan juga engagement dengan pelanggan di media sosial.

Sesuai dengan karakteristik dari Gen Z yaitu authenticity, hal ini selaras dengan tujuan dari Influencer Marketing yaitu mempromosikan sekaligus memberikan sebuah review jujur karena telah menggunakan produk atau layanan dari bisnis tersebut. Jika sudah mendapatkan informasi dari para Influencer Marketing, maka pada tahap selanjutnya para Gen Z yaitu sebagai calon pelanggan akan menggali informasi lebih dalam terhadap bisnis kamu hingga mereka dapat meniru dengan membeli produk atau layanan yang digunakan oleh Influencer tersebut.

Adapun beberapa keuntungan dari pengaplikasian Influencer Marketing terhadap bisnis, yaitu diantara:

  • Meningkatkan sales bisnis
  • Meningkatkan engagement ataupun followers di beberapa platform media sosial
  • Sebagai bentuk penawaran promosi brand yang powerful
  • Mendatangkan pelanggan baru melalui word of mouth

Mengingat di masa depan akan semakin banyak kompetitor dan Gen Z menjadi konsumen generasi selanjutnya, maka bisnis menyadari perlunya keterlibatan demografis yang berpengaruh agar bisa meningkatkan perkembangan bisnis. 

Melalui Influencer Marketing, kita juga mendapatkan sebuah data berdasarkan perilaku pelanggan yang nantinya data tersebut bisa dijadikan sebagai strategi konten bisnis. Selain itu juga menggunakan data, bisnis dapat memberikan sebuah rekomendasi konten ataupun produk secara optimal dalam memaksimalkan penjualan. 

Baca juga: Kenali Fitur AI ChatGPT untuk Coding di DQLab

Dengan melihat analisis dan peluang tersebut, maka industri akan menggunakan sebuah Intelligence yang menggabungkan antara data keterlibatan pelanggan secara online dan influencer agar mampu memahami motivasi pembeli dan menginformasikan strategi konten yang lebih baik. 

Jika kamu ingin belajar menganalisis data, DQLab menjadi pilihan tepat untuk mulai belajar Data Science secara online. Melalui program LiveClass, DQLab memberikan sejumlah kelas yang tersedia bagi pemula dan langsung belajar bersama praktisi data profesional di industri yang sudah berpengalaman. Yuk daftarkan diri melalui https://dqlab.id/live-class dan mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB