LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Pentaho, Tools Powerful untuk Data

author Oleh DQLab Jumat, 12 Mei 2023 | 17:14 WIB
Share
Share

Mengoperasikan bisnis tanpa data sama halnya seperti kita berjalan ke suatu tujuan tanpa adanya arah. Dengan data, kamu bisa mengekstrak informasi penting yang bisa mendorong operasional bisnis menjadi lebih inovatif. Tidak hanya itu saja lho, data dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk keberlangsungan bisnis.

Agar mendapatkan data yang berguna, kita perlu menemukan metode analisis data yang tepat. Pasalnya dengan adanya metode ini dapat membantu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan suatu bisnis berdasarkan sistem data. 

Era teknologi canggih seperti saat ini, sudah banyak software yang bisa digunakan sebagai penunjang kebutuhan business intelligence seperti mengolah data, menganalisis data, dan menampilkan dashboard hasil analisis data. Pentaho adalah salah satu software sering digunakan di berbagai lini industri untuk membantu memecahkan masalah pada bisnis.

Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, di artikel ini akan membahas dan mengenal tools powerful untuk data yaitu Pentaho. Yuk, simak artikel berikut.

Apa itu Pentaho?

Pentaho Data Integration atau Kettle merupakan software yang digunakan untuk melakukan tugas ETL (Extraction, Transformation, dan Loading). Keunggulan yang dimiliki oleh Pentaho yakni tersedia graphical user interface dan drag-drop komponen memudahkan user. 

Fitur utama tools Pentaho ini adalah laporan, mengintegrasi data, data mining, dan menganalisis data yang memperhitungkan peningkatan bisnis. Pentaho sendiri bersifat free open source software (FOSS) yang dimana bisa dijalankan di atas platform Java.

Baca Juga: Tutorial Install Pentaho, Tools Data Science yang Powerful

Pentaho server sendiri memiliki berbagai versi sesuai dengan kebutuhan, yaitu diantaranya open source, professional standard, professional premium, dan enterprise. Jika kamu memiliki sejumlah kumpulan data besar, maka kamu bisa menggunakan Pentaho untuk menangani segala jenis kumpulan data tersebut. 

4 Keuntungan Menggunakan Pentaho

Setiap harinya bisnis tentu akan mendapatkan kumpulan data yang jumlahnya cukup banyak, sehingga membutuhkan sistem yang efisien dan tepat agar kita bisa mengelola dan menganalisis data secara efektif. Adapun 4 (lima) keuntungan dari penggunaan Pentaho untuk mengolah dataset bisnismu.

1. User-friendly

Bagi kamu pemula dan belum pernah mencoba menggunakan Pentaho, jangan khawatir karena Pentaho sendiri dirancang dengan mudah agar kamu dapat langsung memulai atau menggunakannya. Pentaho juga menawarkan fasilitas bagi pengguna untuk bisa membuat dan share laporan data serta membuat dashboard dengan mudah.

2. Bisnis Terintegrasi

Mengintegrasikan sistem bisnis dapat menciptakan kesejahteraan dari berbagai aspek bisnis internal dan eksternal. Dengan Pentaho, mampu mengintegrasikan bisnis dengan tools open-source yang menawarkan berbagai macam connectors dan membuatnya mudah untuk terhubung ke berbagai sumber data. Fitur integrasi pada Pentaho ini sangat ideal bagi bisnis yang membutuhkan berbagai sumber data.

3. Dapat Menekan Pengeluaran Bisnis

Sebagai tools open-source, Pentaho memberikan keuntungan dalam menekankan biaya pengeluaran operasional bisnis terutama bagi bisnis kecil. Subscription Pentaho sendiri cukup terjangkau, sehingga kamu bisa berlangganan Pentaho sesuai dengan pilihan dan kebutuhan bisnismu.

Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science

4. Menjaga keamanan

Data bagi bisnis sangatlah sensitif, mengingat banyaknya kejahatan yang terjadi di ruang virtual sangat penting bagi kita menggunakan software yang bisa menjaga data-data yang kita simpan. Pentaho menyediakan fitur keamanan data yang kuat dan memiliki access control yang solid, sehingga memudahkan kita dalam mengintegrasikan infrastruktur keamanan data.

Setelah mengenal Pentaho, cukup menarik bukan untuk bisa kamu coba aplikasikan di bisnismu. Cakupan fasilitas di Pentaho ini sangatlah menguntungkan dan sudah canggih untuk langsung digunakan. Untuk memahami lebih lanjut penggunaan Pentaho, DQLab memberikan berbagai materi dan tools mengolah data. Ikuti program belajar Data Science yang seru di DQLab atau kunjungi https://dqlab.id/ .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB