![](https://assets.digination.id/crop/0x0:0x0/750x500/photo/2024/07/25/3766244017.jpg)
Waspada Malware Mematikan “Cluster Bomb”
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIB
Lembaga riset Nielsen melaporkan temuan terbarunya yang menyebutkan bahwa persentase ketepatan sasaran iklan di media digital untuk jenis platform atau network hanya 40%, sementara untuk jenis media website digital sebanyak 60%.
“Jadi sisanya tidak tepat sasaran alias nyasar,” ujar Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia saat pemaparan hasil riset bertajuk “Digital Consumer Trends and On-Target Audience Accuracy on Digital Ads” di Jakarta kemarin (Rabu, 14/2). “Misalnya belanja iklan Rp100 juta di website, 60% yaitu sebanyak Rp60 juta memang tepat sasaran. Sisanya yang 40% sebanyak Rp40 juta sia-sia,” jelas Hellen.
Hal tersebut berarti hampir separuh iklan yang dipasang di media digital dikonsumsi oleh orang yang salah dan tidak tepat menyasar target yang dituju pengiklan. Hellen menyontohkan iklan pembalut wanita yang ditargetkan untuk konsumen wanita, bisa jadi justru dibaca atau diterima oleh pengguna internet berjenis kelamin pria.
Penyebabnya menurut Hellen karena di media digital penuh dengan fraud. “Ini karena basisnya bukan orang, tapi aktivitas yaitu klik dan view. Bisa saja ada 1 juta impression tapi ternyata itu semua bot,” ujar Hellen. Maksudnya, aktivitas klik dan view tidak dilakukan oleh pengguna internet, melainkan oleh rekayasa elektronik.
Ia juga menyontohkan video di YouTube yang diukur dengan banyaknya view. Jumlah view menurutnya tidak berbanding lurus dengan jumlah pengguna yang menonton. “Bisa jadi 1 orang pengguna menonton berkali-kali sampai 200 kali,” ujarnya.
Sekalipun banyak pelaku industri yang mulai mengembangkan strateginya ke digital media, tidak dapat dipungkiri bahwa beriklan di digital media tidak semudah di media konvensional. Hellen menyebut bahwa media digital tidak begitu saja membunuh media konvesional, namun saling melengkapi.
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIBBagaimana AI menjadi kunci inovasi dan mendorong pertumbuhan bisnis di berbagai sektor?
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:58 WIBNgobrol Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah
Kamis, 18 Juli 2024 | 12:48 WIBBerikut beberapa pilihan shortcutnya yang penting kamu ketahui:
Rabu, 3 Juli 2024 | 11:00 WIBGangguan server di PDN disebabkan oleh ransomware.
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:44 WIBBerikut beberapa contoh bagaimana AI digunakan dalam berbagai aspek kehidupan
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:57 WIBBagaimana Machine Learning digunakan untuk personalisasi iklan dalam digital marketing?
Kamis, 13 Juni 2024 | 10:41 WIBLensa kontak pintar membutuhkan baterai yang aman dan ringkas
Jumat, 7 Juni 2024 | 11:00 WIBBagaimana personalisasi AI membentuk asistensi digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapannya.
Senin, 3 Juni 2024 | 10:08 WIBUntuk menghadirkan lebih banyak keseruan bagi pengguna setiap bulannya, UniPin akan terus menghadirkan berbagai diskon
Senin, 27 Mei 2024 | 21:46 WIBIni dia fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:23 WIBData ini mengungkap pengaruh kreator konten digital dan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh masyarakat
Rabu, 22 Mei 2024 | 16:53 WIBMemahami Database Marketing, Yuk!
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:04 WIBBerikut ini keunggulan Starlink dibandingkan layanan internet satelit lainnya:
Senin, 13 Mei 2024 | 18:17 WIBPenasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB