LogoDIGINATION LOGO

5 Tren Teknologi Ini Siap Ramaikan Tahun 2023

author Oleh DQLab Jumat, 3 Maret 2023 | 15:33 WIB
Share
Share

 

Teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Banyak aktivitas masa kini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Sebagai tren yang terus berubah setiap tahunnya, ada beberapa teknologi yang mengalami perkembangan dalam transformasi digital dan semakin dibutuhkan keberadaannya.

Berikut 5 tren teknologi yang siap meramaikan tahun 2023

Metaverse

Sebagai salah satu tren teknologi yang sudah banyak diperbincangkan, Metaverse siap dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan ritel dan hiburan untuk membangun keterlibatan serta loyalitas pelanggan. Metaverse sendiri merupakan  teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. 

Dengan memanfaatkan animasi 3D, penggunaan teknologi Metaverse juga mendorong variasi kegiatan dalam bentuk virtual. Pengguna Metaverse yang tumbuh dalam bermain game dan bersosialisasi secara digital akan mendorong kegiatan virtual diselenggarakan. Kegiatan tersebut dapat berbentuk bekerja, berkumpul, mengadakan rapat, bermain, mengikuti konser, berbelanja secara online, hingga melakukan pembelian properti digital tahun 2023.

Artificial Intelligence

Penggunaan ChatGPT dan Bard yang tengah ramai diperbincangkan menjadi salah satu bukti tren teknologi Artificial Intelligence (AI) di tahun 2023. Teknologi yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari ini kerap digunakan, mulai dari e-commerce hingga social media. Beberapa contoh AI yang kerap kita temukan dalam kegiatan sehari-hari adalah face recognition, fitur chatbots, voice recognition, Siri, M-banking, GPS dan sebagainya.

Tujuan utama dari Artificial Intelligence adalah untuk mengembangkan mesin yang dapat berpikir dan bertindak seperti manusia tanpa ikut campur manusia secara eksplisit. AI diiming-iming akan menjadi anggota tim baru manusia untuk melakukan banyak pekerjaan, termasuk menyumbangkan ide dan konsep.

Baca juga: Alasan Mengapa Belajar Data Science Penting di 2023

Internet of Things (IoT)

Internet of Things atau IoT merupakan sebuah konsep di mana objek ditanamkan dalam teknologi-teknologi seperti sensor dan software. Tujuan IoT ini, yakni berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain yang masih terhubung dengan internet. Di tahun 2023 ini, IoT siap meramaikan tren teknologi dengan masuk ke pasar karena banyaknya perangkat yang menggunakan sensor pintar dan kecerdasan berbasis data.

Salah satu peningkatan produk dan layanan IoT tahun 2023 diprediksi berkaitan degan kesehatan serta kesejahteraan.

Digital Immune System

Digital Immune System (DIS) merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan deteksi, menganalisis, dan menangani ancaman keamanan dalam jaringan digital. Layaknya kekebalan tubuh manusia, DIS memantau aktivitas yang terjadi dalam jaringan dan melakukan identifikasi tanda-tanda ancaman.

Tren teknologi ini diharapkan menjadi salah satu cara yang membantu perusahaan untuk mengelola ancaman keamanan yang muncul dalam jaringan digital.

Baca juga: AI vs Machine Learning, Mana yang Perlu Dipelajari?

Teknologi 5G

5G menjadi generasi kelima dari teknologi selular yang menawarkan kecepatan unggah dan unduh lebih tinggi, koneksi serta peningkatan kapasitas yang lebih cepat dari jaringan sebelumnya. Pada tahun 2023 ini, teknologi 5G akan mengalami penyebaran yang semakin meningkat, termasuk pada perangkat seluler dan perangkat IoT.

Teknologi 5G juga membuka potensi layanan bukan hanya komunikasi antar manusia melainkan juga integrasi jaringan manusia-mesin dan jaringan komunikasi mesin ke mesin.

Tren teknologi yang semakin bervariasi juga mendorong terbukanya berbagai peluang baru di dunia kerja era digital, terutama industri data.

DQLab sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia, siap membantu kamu untuk mempelajari dan mempersiapkan karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB