LogoDIGINATION LOGO

Kenalan sama ChatGPT Yuk!

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 6 Februari 2023 | 18:13 WIB
Share
Share

 

DigiFriends, begini pengalaman kita kenalan langsung via chat sama ChatGPT simak yuk!

ChatGPT Sistem chatbot besutan perusahaan kecerdasan buatan asal Amerika Serikat, Open AI sedang menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini. Banyak orang yang kagum dengan sistem chatbot ini karena dianggap mampu menjawab semua pertanyaan dengan detail dan natural layaknya ngobrol dengan sesama manusia. 

Untuk mengenal lebih dalam dengan ChatGPT, yuk kita kenalan langsung sama chatbotnya!

Siapa nama kamu?

Tidak seperti chatbot pada umumnya yang punya nama “panggilan” misalnya LiNa (Jobstreet), Devina (Glints) ketika ditanya soal nama, ChatGPT menjawab kalau ia tidak punya nama identitas individu. Ya.. bisa dibilang nama chatbot ini ya gitu aja “ChatGPT”.

Di perkenalan awal kita ChatGPT menjawab jika dirinya dikembangkan untuk membantu pengguna menjawab pertanyaan dan menjawab masalah melalui percakapan.

“Saya adalah ChatGPT, sebuah model bahasa AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Saya tidak memiliki nama pribadi atau identitas individu. Saya diciptakan untuk membantu pengguna dengan menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah melalui percakapan teks.” kata ChatGPT.

Baca juga : Peran Artificial Intelligence di Bidang Data dalam Dunia Metaverse

Kapan ChatGPT lahir dan berapa usiamu?

Ketika ditanya soal tanggal lahir dan usia ChatGPT menjelaskan jika “dirinya” nggak punya usia seperti makhluk hidup. 

ChatGPT mengaku jika ia dikembangkan oleh OpenAI dan diluncurkan pada tahun 2018 namun sejak itu ia terus dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerjanya. Jadi sejak itu chatbot ini tidak memiliki usia yang bisa ditentukan dalam tahun atau bulan. 

“Saya adalah model bahasa AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Saya tidak memiliki usia seperti makhluk hidup, karena saya adalah sebuah program komputer yang diciptakan oleh tim pengembang OpenAI. Saya diluncurkan pada tahun 2018 dan sejak saat itu saya terus ditingkatkan dan diperbaiki untuk meningkatkan kemampuan dan kinerjanya. Jadi, saya tidak memiliki usia yang bisa ditentukan dalam tahun atau bulan.” ungkapnya. 

Dimana ChatGPT lahir?

ChatGPT juga tidak menjawab dimana lokasi ia dilahirkan. Tapi iya menjawab “Saya diciptakan dan dikembangkan oleh OpenAI, sebuah organisasi riset AI yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat. Namun, saya bisa diakses dan digunakan di seluruh dunia melalui internet. Oleh karena itu, tidak ada tempat tertentu yang bisa dikatakan sebagai "tempat kelahiran" saya.” 

Bagaimana ChatGPT diciptakan?

Ketika ditanya bagaimana chatbot ini diciptakan ChatGPT menjawab “Saya diciptakan oleh tim pengembang AI di OpenAI melalui proses pelatihan model bahasa besar yang disebut Generative Pre-trained Transformer (GPT). Dalam proses ini, model bahasa AI dipelajari dengan mengkonsumsi jumlah besar teks dari internet, seperti artikel, posting blog, dan lainnya, untuk memperoleh pemahaman tentang bahasa dan informasi.” 

Chat GPT juga menambahkan setelah melalui proses pelatihan yang intensif, dirinya ini kemudian bisa digunakan untuk memprediksi teks berikutnya dalam suatu konteks atau untuk menjawab pertanyaan pengguna. Tim pengembang OpenAI terus memperbarui dan meningkatkan dirinya untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Apakah ChatGPT aman?

Ketika ditanya soal keamanan ChatGPT mengaku kalau models GPT seperti ChatGPT memiliki potensi menimbulkan masalah jika digunakan dengan cara yang tidak bertanggung jawab. 

Ia menjawab beberapa contoh masalah yang dapat muncul meliputi:

  • Diseminasi informasi salah: Model bahasa generatif seperti ChatGPT dapat memperpetuasi informasi yang salah atau tidak akurat jika dilatih dengan data yang tidak benar.
  • Diskriminasi: Model bahasa generatif dapat mempelajari dan memperpetuasi diskriminasi jika dilatih dengan data yang tidak seimbang atau tidak sensitif.
  • Penyalahgunaan: Model bahasa generatif seperti ChatGPT dapat digunakan untuk tujuan jahat, seperti spamming, phishing, dan penyebaran hoax.

Baca juga : Ilmu AI yang Sering Di Implementasi pada Bisnis

Oleh karena itu, ChatGPT penting bagi pengembang dan pengguna untuk memastikan bahwa model bahasa generatif seperti ChatGPT digunakan dengan bijak dan dalam kontrol yang baik. 

Ini bisa dilakukan dengan memastikan bahwa data yang digunakan untuk melatih model bersih dan tidak diskriminatif, serta memastikan bahwa model tersebut digunakan dalam konteks yang tepat dan sesuai dengan etika.

Kenapa ChatGPT berguna bagi manusia? 

Meski mengaku dapat mengalami masalah jika tidak digunakan dengan bijak, kehadiran ChatGPT berguna untuk kehidupan manusia karena memiliki banyak aplikasi dan kegunaan praktis. Beberapa contohnya adalah:

  • Interaksi manusia-komputer: ChatGPT dapat digunakan sebagai antarmuka manusia-komputer untuk membantu pengguna mencari informasi, menyelesaikan masalah, dan melakukan tugas lainnya.
  • Chatbot: ChatGPT dapat digunakan untuk membuat chatbot yang dapat melayani pelanggan dan membantu menjawab pertanyaan mereka.
  • Generasi teks: ChatGPT dapat digunakan untuk menulis teks otomatis, seperti artikel, laporan, dan deskripsi produk.
  • Analisis sentimen: ChatGPT dapat digunakan untuk menganalisis sentimen dalam teks dan membantu memahami bagaimana orang merasa tentang suatu hal.

ChatGPT memiliki potensi untuk membantu manusia dalam berbagai bidang dan mempermudah kehidupan sehari-hari.

Itu dia beberapa obrolan ChatGPT dengan Digination, menarik bukan? Selama masa percobaan ChatGPT dapat dipakai oleh semua orang dan gratis tanpa perlu instal aplikasi dari Google Play atau App Store. Jadi yuk kenalan langsung dengan Chatbot masa depan disini

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB