LogoDIGINATION LOGO

Peran Artificial Intelligence di Bidang Data dalam Dunia Metaverse

author Oleh DQLab Jumat, 9 Desember 2022 | 13:42 WIB
Share
Share

 

Pernah mendengar istilah Metaverse? Di era teknologi seperti sekarang, istilah ini sudah tidak asing kita dengar.

Metaverse kerap mendapat pengertian berupa simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan dalam dunia maya atau internet. Menjadi pembicaraan dan tren dunia digital masa depan, Metaverse diiming-iming dapat merubah berbagai sektor yang ada di dunia secara signifikan.Melalui metaverse, kita dapat bekerja, belajar, berbelanja, mencari hiburan, dan berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Lalu, apa peran Artficial Intelligence (AI) dan data science dalam Metaverse? Nyatanya, data merupakan kunci penting dalam metaverse. Hal tersebut bukan hanya berarti mengumpulkannya saja, melainkan juga memahami, menggunakan, dan membuat pengetahuan akan data itu untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi semua pengguna metaverse.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar peran AI dan data science dalam metaverse, yuk, simak penjelasan yang telah dirangkum oleh DQLab berikut

Mengenal “Dunia” Metaverse

Metaverse merupakan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Dalam dunia metaverse, kamu dapat menciptakan avatar sesuai dengan keinginanmu berbentuk animasi 3D. Layaknya dirimu dalam dunia nyata, avatar 3D ini dapat digunakan sebagai representasi pengguna di internet.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam bagian pembuka, pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan dalam bentuk virtual di metaverse. Kegiatan tersebut dapat berbentuk bekerja, berkumpul, mengadakan rapat, bermain, mengikuti konser, berbelanja secara online, hingga melakukan pembelian properti digital.

Baca juga : Belajar Data Science Gratis: Mengenal Dasar-Dasar Data Science

AI dan Data Science

AI tentu menjadi hal yang tidak asing di era teknologi seperti sekarang. Beberapa contoh AI yang kerap kita temukan dalam kegiatan sehari-hari adalah face recognition, fitur chatbots, voice recognition, Siri, M-banking, GPS dan sebagainya. AI tidak lepas dari ilmu data science dalam penerapannya. Data science merupakan bidang yang menggunakan teknologi AI untuk menghasilkan prediksi bersama dengan analisis dan visualisasi data.

Hal terpenting yang perlu diingiat tentang AI dan data science adalah kemampuan keduanya untuk menguraikan volume data yang sangat besar secara real-time untuk memberikan insight yang bermakna. Selain itu, jika dijalankan dengan benar, interpretasi yang akurat akan mendorong tindakan secara efektif dan efisien, interaksi, respons, serta pemrosesan otomatis. Hal inijuga akan mencakup korelasi peristiwa, deteksi anomali, dan penentuan kausalitas, sehingga membantu mengintegrasikan dan menghubungkan berbagai platform.

Realitas virtual metaverse harus mencerminkan realitas nyata secara fisik kurang lebih secara koneksi yang lebih baik serta memberi pengalaman yang lebih realistis bagi pengguna. AI menjadi satu-satunya alat yang dapat melakukannya, dan tidak mungkin dicapai dalam skala besar dengan cara manusia.

Peran AI dan Data Science dalam Metaverse

Platform metaverse memungkinkan kita mengalami imajinasi di luar dunia nyata. Sangat menarik bagaimana teknologi berkembang begitu pesatnya. Saat ini, setiap orang memiliki akses ke internet, dan mereka dapat menjelajahi berbagai bentuk kecerdasan buatan. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya akumulasi data, analisis dan penggunaannya untuk membuat pengalaman yang user-friendly.

Berikut merupakan beberapa contoh penerapan data science dan AI dalam dunia metaverse

  • 3D’s Image
  • Animasi
  • Speech yang berbentuk translation, text classification dan Natural Language Processing (NLP)
  • Design & Artwork
  • Blockchain
  • Berbagai transaksi seperti Crypto

Metaverse memiliki potensi untuk mempromosikan koneksi, membangun relasi, dan memperluas bisnis. Untuk memahami realitas baru ini dan memanfaatkan prospek ekonomi baru, perusahaan harus secara efektif mempersiapkan metaverse dan memastikan bahwa strategi serta penerapan data science mereka lugas, terkini, dan efektif.

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Melihat peran penting data science dan AI dalam dunia metaverse menyebabkan perlunya talenta data untuk memahami kedua hal tersebut. DQLab merupakan pelatihan Data Science berbahasa Indonesia yang siap membantu kamu untuk memahami seputar AI dan data science serta mempersiapkan karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB