LogoDIGINATION LOGO

Melek Literasi Digital, Mahasiswa Didorong Ciptakan Wirausaha Baru

Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 8 Februari 2018 | 02:40 WIB
Share
Perkembangan dunia digital sejatinya bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan
Share

Perkembangan dunia digital sejatinya bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan generasi muda, khususnya lulusan perguruan tinggi harus mampu berkreasi.

Rudiantara beranggapan, anak muda yang memanfaatkan industri digital guna membangun wirausaha berarti ikut mendorong perekonomian secara individu maupun bangsa.

"Jadi nanti pak Rektor, bisa diatur pemberian materi ke mahasiswanya tentang ekonomi digital. Terutama saat penerimaan mahasiswa baru,” kata Rudiantara saat menjadi pembicara seminar Langkah Cerdas Penggunaan Media Sosial, di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Rabu (07/02/2018).

Rudiantara menyebutkan, berdasarkan data tahun 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia hampir mencapai 50 persen dari seluruh penduduk atau 132,7 juta orang. Kendati begitu, ia menyesalkan masih enggannya pengguna internet untuk menyebarkan konten positif, sehingga secara konten informasi positif akan menghilangkan hal yang negatif.

Hal inilah yang mendorong para pemangku kepentingan bersama Kementerian Kominfo terus melakukan literasi digital. "Sehingga Kementerian kominfo bersama pemangku kepentingan semua akan terus melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait pemanfaatan dunia digital yang baik," ujar Rudiantara.

Menyangkut hal itu, Rudiantara menjelaskan, dilakukan dengan metode pendekatan hulu dan hilir. Cara hulu dengan penyuluhan literasi digital termasuk penggunaan internet yang baik, sedangkan hilir membatasi akses internet termasuk pemblokiran dan penindakan tegas secara hukum.

“Untuk mencapai itu, perlu dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar bisa meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga mampu memilah informasi negatif atau positif,” pungkasnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB