LogoDIGINATION LOGO

5 Profesi Primadona “Data Science” di Perusahaan E-commerce

author Oleh DQLab Selasa, 24 Januari 2023 | 17:06 WIB
Share
Share

 

Era teknologi menjadi salah satu pendorong pertumbuhan E-Commerce yang kian pesat. Pertumbuhan tersebut nyatanya juga mendorong terbukanya berbagai peluang pekerjaan, terutama profesi bidang data.

Data science menjadi ilmu yang kerap diterapkan oleh berbagai lini industri. Data science sendiri merupakan kombinasi dari berbagai bidang, khususnya matematika, ilmu komputer, strategi bisnis, sampai statistik. Adapun tujuan penerapannya, yaitu menghasilkan informasi yang akurat sebagai dasar perumusan keputusan bisnis.

Penerapan itu didasari oleh pentingnya penggunaan data science untuk pengolahan data. Data telah menjadi kunci utama bagi pertumbuhan setiap sektor bisnis, termasuk e-commerce. Peluang karir bidang data di e-commerce semakin meningkat dan memiliki variasi profesi. 

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di e-commerce, DQLab telah merangkum 5 posisi primadona yang menggunakan ilmu data science dalam menjalankan tugasnya

1.Data Engineer

Keterampilan data science dan Big Data sangat penting bagi seorang Data Engineer dalam menjalankan perannya. Profesi ini bertugas untuk merancang, membuat, membangun, memelihara saluran data, dan mengumpulkan data mentah dari berbagai sumber. 

Selain itu, data engineer juga berperan untuk mengimplementasikan dan menganalisis arsitektur data yang telah dibuat. Beberapa skill yang diperlukan untuk berkarir di posisi ini, yaitu coding dan data warehousing, penggunaan database tools, cloud computing hingga pengetahuan akan machine learning.

Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya

  1. Sales Analyst

Posisi ini sangat penting bagi pertumbuhan suatu e-commerce. Dalam menjalankan tugasnya, sales analyst akan mendukung para eksekutif, manajer, dan tim sales yang lebih luas.

Menganalisis data untuk proses penjualan, memberi dukungan pada berbagai tim seperti marketing dan finance, membuat laporan yang berisikan insight penjualan serta melakukan pemeriksaan pada anggaran perusahaan menjadi beberapa peran dari seorang Sales Analyst.

  1. Business Analyst

Business Analyst berperan menjadi jembatan kebutuhan pelanggan dan developer. Profesi data ini memerlukan kemampuan analisa dan pemahaman bisnis yang kuat untuk mengubah informasi seperti keinginan pelanggan dari produk, software maupun layanan agar dapat menjadi rencana yang tepat bagi bisnis e-commerce.

  1. Marketing

Setiap perusahaan, bisnis, maupun sektor lainnya pasti membutuhkan posisi ini. Era digital seperti sekarang mendorong setiap divisi untuk menggunakan data sebagai pedoman untuk melakukan tugasnya. 

Sama halnya dengan marketing. Memiliki tugas untuk mengelola kampanye perusahaan dan menganalisis kampanye menyebabkan posisi ini memerlukan data science untuk mengembangkan kampanye tersebut.

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science di Dunia Industri

  1. Business Intelligence

Peran ini sangat dibutuhkan oleh berbagai bentuk perusahaan maupun sektor industri, termasuk e-commerce

Business Intelligence atau BI merupakan profesi yang mengandalkan data, kemudian menerjemahkannya ke dalam prospek bisnis, perusahaan, atau klien yang menggunakan data tersebut.

Beberapa skill yang perlu dikuasai oleh BI adalah kemampuan analisis data, komunikasi dan pengetahuan bisnis.

DQLab merupakan pelatihan data science berbahasa Indonesia yang siap membantu kamu untuk mempelajari dan mempersiapkan karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE