LogoDIGINATION LOGO

Cara Memanfaatkan AI dan Machine Learning pada Teknik Marketing

author Oleh DQLab Selasa, 17 Januari 2023 | 11:18 WIB
Share
Share

 

Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan machine learning nyatanya kerap membantu banyak aspek kehidupan manusia, termasuk bisnis. Beragam jenis sektor bisnis juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa teknik pemasaran yang tepat.

Di era digital seperti sekarang, AI dan machine learning bukan hanya digunakan untuk menciptakan sistem cerdas yang mampu mengadaptasi pola pikir serta kecerdasan manusia, namun juga pemasaran. Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Mac Sources, teknologi AI dan machine learning dapat dimanfaatkan oleh seorang marketer untuk meningkatkan efektivitas marketing. 

DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum informasi seputar cara dan contoh penerapan AI serta machine learning, berikut informasinya!

Mengelola Kampanye Merek dengan Automasi Marketing

Automasi marketing dengan AI serta machine learning dapat digunakan untuk mengelola kampanye merekmu agar lebih efektif serta efisien. Automasi marketing merupakan istilah yang merujuk pada sistem pengelolaan proses pemasaran di berbagai saluran bisnis secara otomatis.

Automasi marketing ini dirancang secara khusus untuk mempersingkat dan menyederhanakan tugas tim marketing, mulai dari proses kualifikasi calon pelanggan hingga pembuatan digital campaign. 

Cara kerja automasi marketing tidak jauh berbeda dengan namanya, yaitu dengan mengotomatiskan seluruh proses marketing. Hal ini termasuk mengumpulkan data yang berasal dari berbagai interaksi pelanggan, seperti email, website, dan sosial media secara otomatis.

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Perancangan Pesan yang Lebih Personalized 

Pesan yang lebih personal membantu agar pembuatan konten maupun pemasaran jadi tepat sasaran. Dengan bantuan AI dan machine learning, data yang berasal dari berbagai bentuk interaksi pelanggan, seperti email, website, dan social media dapat digunakan sebagai informasi untuk membangun hubungan dengan konsumen.

Peningkatan Segmentasi Data 

Upaya untuk mempersingkat proses segmentasi data pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber seperti email, website, dan media sosial. Tentunya hal ini dilakukan dengan memanfaatkan AI dan machine learning. 

Segmentasi data tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur otomatis, seperti chatbot, autoreply, search engine, media sosial, dan sebagainya.

Baca juga : Aplikasikan Data Science dalam Marketing, Intip Fungsinya Dalam Bisnis

Sebagai bagian dari data science, ada berbagai manfaat yang dapat bisnis peroleh dengan memanfaatkan AI dan machine learning. DQLab sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia, siap membantu kamu mempersiapkan pengetahuan, skill, kompetensi serta karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB