LogoDIGINATION LOGO

Kenali Pentingnya UI/UX bagi Startup

author Oleh DQLab Rabu, 2 November 2022 | 16:09 WIB
Share
Share

 

Beralih ke digital menjadi sebuah trend bisnis yang sedang in dan sangat menarik untuk dicoba. Berdasarkan prediksi IDC FutureScape Worldwide Digital transformation 2022, pada tahun 2023 sebesar 90% organisasi di seluruh dunia akan memprioritaskan investasi digital tools untuk membantu penambahan aset dengan pengalaman digital.

Dengan optimalisasi digital untuk bisnis ini, membuat tuntutan baru dari user atau konsumen bisnis memiliki transaksi versi digital. Agar pengalaman mereka mulus, disinilah user experience (UX) menjadi peran penting. 

Bagi pengguna terutama pengguna baru, tampilan produk yang disajikan serta fitur-fitur lainnya menjadi pertimbangan ketertarikan terhadap bisnis startup. Sehingga user interface (UI) yang hebat adalah kuncinya

Adanya desainer UI/UX, bisa membantu memahami perilaku dan kebiasaan user atau pelanggan dengan baik, selain itu juga berpengaruh pada operasional bisnis secara efektif dan strategis secara digital. Ingin tahu lebih lanjut UI/UX? Yuk simak artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara ini.

Mengenal User Interface (UI)

User interface atau dikenal dengan UI merupakan semua fitur yang ada di situs web atau sebuah aplikasi yang berpotensi memberikan interaksi antara pelanggan atau user dengan bisnismu. 

Baca juga: Mengapa Data Science Penting di Dunia Bisnis?

Adanya desain UI bisa membantu menavigasikan pengguna dengan mudah yang nantinya bisa memberikan pengalaman menarik dan hebat secara menyeluruh. Desain UI akan berfokus ke beberapa aspek, seperti menonjolkan estetika, desain yang responsif, dan efisien bagi pengguna. 

Dengan adanya well-design UI akan memberikan sebuah interaksi yang lebih mudah diakses oleh user.

Mengenal User Experience (UX)

Untuk meningkatkan tampilan desain UI saja tidaklah cukup, maka user experience (UX) juga ikut serta dalam ‘tim’ yang bisa membantu bisnis secara objective. Prioritas dari UX yaitu kepuasan pelanggan dan dapat menciptakan struktur kerangka seperti penataan visual, skema warna yang diinginkan, dan wireframing dengan tepat.

Apa Korelasi UI/UX dengan Startup?

Banyak bisnis startups yang sudah shifting dan menggunakan media digital yaitu seperti adanya situs web ataupun blogs, disinilah peran UI/UX membantu mengkoneksikan antara user dengan bisnismu, bisa mempengaruhi mereka untuk rela mengeluarkan uangnya, hingga membuat mereka penasaran akan melihat detail informasi produk atau layanan bisnismu.

User-focused menjadi fokus utama dari UI/UX, karena melalui UI/UX bisa membantu menyederhanakan informasi yang kompleks melalui desain yang menarik. Mengetahui kebiasaan pengguna dan kepuasannya, ini akan memberikan reputasi yang baik dan mendapatkan feedback dari pelanggan. 

Baca juga: Kupas Tuntas Roadmap Data Science Khusus NON IT

Dengan memberikan interface dan experience yang bagus, maka akan membantu menghasilkan statistik bisnis serta pendapatan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Selain itu, kamu bisa mendapatkan insight atau strategi baru yang memungkinkan menggaet pelanggan baru.

Ingin merumuskan strategi promosi dengan data-driven design, kamu bisa coba belajar bersama DQLab.id atau kamu bisa coba ikuti kelas pemulanya MS. Excel Basic to Advance, nikmati diskon belajar up to 50% dengan gunakan kode special DIGINATIONEXL hanya untukmu! 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB