LogoDIGINATION LOGO

Strategi Pinterest Marketing Bantu Optimalkan Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 19 Juli 2022 | 17:58 WIB
Share
Share

 

Meskipun Pinterest kini masih dikenal sebagai situs untuk menemukan resep dan ide dekorasi rumah, namun ternyata penggunaannya bisa lebih dari itu lho. Faktanya, pinterest menjadi platform yang digunakan sebagai mesin pencari visual baik untuk inspirasi lifestyle dan strategi marketing di media sosial.

Pinterest memiliki kemampuan pencarian yang begitu luar biasa, maka sudah tak asing lagi bagi pengguna Pinterest menemukan banyaknya foto-foto produk bisnis dan bahkan kamu bisa langsung masuk ke dalam situs web produk tersebut agar bisa sampai pada tahap pembelian produk. 

Untuk membantu meningkatkan goals dan objektif bisnis melalui Pinterest, DQLab sudah merangkum strategi Pinterest marketing yang mudah kamu pahami dan rekomen untuk dicoba langsung pada bisnismu! Yuk, simak penjelasannya berikut ini

Bangun Profile Brand Bisnis

Langkah awal menggunakan Pinterest untuk bisnis yaitu pastikan kamu membuat akun serta membangun profil bisnis. Seperti pada platform media sosial lainnya, kamu dapat melakukan kustomisasi sendiri sebagai bentuk ciri khas tersendiri. 

Di Pinterest, kamu bisa memilih cover board yang menunjukkan pin dari dari board profilmu. Hal ini menjadi tempat yang tepat untuk dapat menambahkan postingan board seperti blog, grafik, gambar produk, dan desain lainnya dari bisnismu. Tidak hanya personalisasi pada board cover, penting untuk mengunggah foto profil misalnya seperti logo bisnis atau foto diri sebagai face of the business dengan ukuran square 165 x 165 pixel.

Baca juga: Role Big Data dalam Digital Marketing, Apa Saja ya Manfaatnya?

Deskripsi menjadi bagian penting ketika menggunakan media sosial karena dengan adanya deskripsi dapat membantu menjelaskan secara jelas dengan menggunakan teks. Tulislah informasi secara lengkap bisnismu pada kolom Bio, praktiknya kamu bisa menyelaraskan bio dengan bio di Instagram atau di Twitter. 

Tagar atau hastag tidak begitu penting untuk bio Pinterest, tetapi pastikan bahwa kamu mengkomunikasikan pertanyaan misi dan menawarkan brand secara ringkas.

Tentukan Strategi Konten

Salah satu keunggulan dari Pinterest yang dapat kamu gunakan yaitu adalah foto produk dengan gambar yang menakjubkan dan mengubahnya menjadi pin. Banyak orang atau pengguna menggunakan Pinterest untuk mencari ide-ide seperti perabotan rumah, dekorasi, pakaian, hadiah, dan lainnya. Guna menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna di Pinterest, kamu juga bisa menyisipkan link produk pada gambar konten tersebut.

Pinners atau pengguna yang sering melakukan pin konten, mendapatkan inspirasi untuk berbelanja bahkan ketika mereka tidak mencari apapun berasal dari Pinterest. Dengan foto produk yang indah akan menarik perhatian audiens dan mendorong inspirasi secara dadakan untuk membeli atau bahkan menggali informasi-informasi bisnismu.

Tidak hanya untuk memberikan informasi, konten visual bagi para marketer menjadi cara lain dalam melakukan promosi bisnis misalnya memposting atau mempromosikan artikel blog yang dipublikasikan di situs web. Sehingga jenis pin yang dibuat yaitu dapat berupa grafik vertikal yang dirancang dengan baik dan menarik perhatian para pinners.

Fokus pada Pinterest SEO

Pada dasarnya pinterest digunakan bagi para pencari visual, berarti Pinterest memiliki algoritma sendiri dan pengaturan pengoptimalan mesin pencarian (machine learning) tersendiri. Tidak hanya pada artikel blog menggunakan pendeketan SEO saja, Pinterest SEO perlu untuk diterapkan di produk bisnismu agar dapat melihat peningkatan peringkat di Pinterest.

Baca juga: Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

Sama halnya dengan jenis optimasi SEO pada umumnya, pastikan kamu turut menyertakan keyword yang releban tentang pin dalam judul dan deskripsi konten pin tersebut. Dengan dapat mengidentifikasi keyword yang teoat maka dapat membantu meningkatkan konten-konten yang diunggah hingga mengetahui topik apa yang sedang dicari yang bisa kamu implementasikan di Pinterest bisnis-mu. 

Ingin belajar optimasi SEO dan menggunakan tools digital marketing lainnya? Kamu bisa mulai pembelajarannya bersama https://dqlab.id/ secara fun dan aplikatif di real case industry!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB