LogoDIGINATION LOGO

Tips Agar First-Jobbers Sukses Berkarir di Industri Teknologi

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 1 Juli 2022 | 15:44 WIB
Share
Share


Tokopedia melalui Tokopedia Academy bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) kembali mengadakan Tokopedia NextGen, program inkubasi bagi pelajar Indonesia untuk lebih memahami dunia digital guna mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi.

Dalam acara tersebut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M. menyampaikan, salah satu pilar penting untuk mengakselerasi transformasi digital adalah sumber daya manusia yang unggul.

“Digitalisasi dan teknologi kian menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Salah satu pilar penting untuk mengakselerasi transformasi digital adalah sumber daya manusia yang unggul. Ini adalah pekerjaan besar. Hanya melalui kolaborasi dengan semua stakeholder, ini dapat diwujudkan,” ungkapnya.

Pada dasarnya bekerja di perusahaan teknologi memang memiliki challenging tersendiri. Oleh karena itu dalam acara yang bertemakan Lika-Liku Satu Tahun Pertama Bekerja di Industri Teknologi, para Nakama atau sebutan karyawan Tokopedia membagikan tips menjalani tahun pertama berkarir di industri teknologi. Apa saja sih tipsnya? Simak berikut ini!

1. Pahami Hal Dasar Industri Teknologi

Industri teknologi adalah bidang profesi yang sangat dinamis. Sebelum memutuskan untuk berkecimpung di industri teknologi, pahami sejumlah pekerjaan mendasar dalam industri teknologi, seperti product management, data analytics, web development, mobile development, UI/UX design, software engineering dan lain-lain.

Baca juga : Tokopedia Bersama BI dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM

2. Kemauan Tinggi untuk Belajar

Faldi Sulistiawan Data Scientist Tokopedia, mengungkap meningkatkan kemampuan sangatlah penting terutama di dunia digital yang sangat dinamis.

“Sebagai pemula, kita harus punya kemauan untuk terus belajar demi meningkatkan kemampuan bekerja. Lewat Tokopedia Academy misalnya, yang sering berbagi informasi mengenai dunia teknologi, seperti data, desain produk, pengalaman pelanggan dan masih banyak lagi,” ungkapnya. 

3. Pentingnya Kolaborasi

Audrey Datau Software Engineer Web Platform Tokopedia mengungkap setiap anggota perlu memahami tugas atau tanggung jawabnya, serta memiliki kemampuan berkolaborasi, demi mencapai tujuan bersama. 

“Jangan malu bertanya kepada rekan kerja yang memiliki pengalaman lebih agar bisa memperoleh arahan untuk memperbaiki kinerja kita. Kami di Tokopedia sendiri punya budaya untuk terus belajar seperti seorang murid dan kemauan berbagi seperti seorang guru,” katanya.

Baca juga : Yuk Kenali 5 Kiat ini Agar Startup Tidak Melakukan Layoff Pada Karyawan

4. Gabung Komunitas dan Ikut Pelatihan

Manfaatkan kesempatan jika kantor mengadakan pelatihan teknologi bagi karyawan. “Agar keterampilan meningkat, bergabung dengan komunitas yang mendalami dunia teknologi akan menambah - bukan hanya hard skills - tetapi soft skills untuk sukses di pekerjaan,” jelas Data Scientist Tokopedia, Ifta Jihan Nabila. 

5. Adaptasi dengan Budaya Perusahaan

Seorang Data Scientist perlu mengumpulkan dan menganalisis data, membangun banyak sistem dan automasi, serta membagikannya kepada perusahaan. “Dalam menyampaikan data-data ini, diperlukan keterampilan berkomunikasi sesuai target audiens dan budaya perusahaan, agar ide yang disampaikan dapat dipahami dan menjadi riil, supaya pada akhirnya dapat memberi manfaat kepada pengguna,” tutup Faldi. 

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE