LogoDIGINATION LOGO

Role Big Data & Cloud Computing untuk Bisnis Digital

author Oleh DQLab Selasa, 24 Mei 2022 | 18:31 WIB
Share
Share

 

Big data di dunia bisnis, sudah menjadi buzzwords dan secara menyeluruh menggunakan big data untuk membantu operasional dalam bisnis dengan tujuan agar bisnis dapat menguasai pasar. Mengingat kita sudah mulai masuk era digitalisasi, perusahaan atau organisasi bisnis mulai berlomba-lomba mengejar pengetahuan tentang kesukaan dan tidak sukanya konsumen, demografis hingga kebiasaan berbelanja.

Introduction

Pada dasarnya, Big data mengacu pada kumpulan data yang dikumpulkan (dari berbagai sumber). Adanya kumpulan data tersebut, maka dibutuhkan tempat penyimpanan yang dapat diakses bagi bisnis. Maka praktisi data akan menggunakan cloud computing untuk membantu menyimpan database, membantu menganalisis bisnis, hingga menekan biaya operasional bisnis. Masih penasaran dengan role big data dan cloud computing serta kaitannya dengan bisnis? Yuk, simak penjelasan lebih lanjut yang telah dirangkum oleh DQLab berikut!

Cloud computing mengacu pada pemrosesan yang didalamnya termasuk analitik big data (big data analytics). ‘Cloud’ merupakan sebuah kumpulan server bertenaga tinggi, penyimpanan database yang menawarkan inovasi yang lebih cepat, fleksibel, dan dapat membantu skala ekonomi dengan baik.  

Baca juga: Mengenal Cloud Computing Lebih dalam Yuk!

Penggunaan Big Data dan Cloud Computing dalam Bisnis

Infrastruktur cloud sendiri memungkinkan dapat memproses Big data secara real-time, sehingga hubungan keduanya dapat memberikan kekuatan analitik big data yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Adapun manfaat yang perlu kamu ketahui dalam penggunaan keduanya untuk bisnis:

  • Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan
  • Menekan biaya penyimpanan database yang jumlahnya besar
  • Meningkatkan security dan meminimalisirkan terjadinya peretas pada sistem komputer bisnis
  • Dapat memberikan kemampuan untuk menskalakan secara elastis, yang artinya sumber daya IT akan dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Membantu membuat percadang data, pemulihan bencana pada data, serta membantu menemukan redundant data yang ada di cloud.

Kesimpulan

Catatan penting bagi pebisnis bahwa big data dan cloud computing memainkan peran yang sangat besar terutama menjalankan bisnis di era digital ini. Hal ini karena keduanya saling berkaitan dan memungkinkan tim operasional bisnis memiliki ide inovasi hebat yang bisa mensukseskan bisnis di pasar.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Manfaat Big Data Analytics di Berbagai Industri

Dengan adanya komponen ‘modern’ serta high-tech dalam operasional bisnis serta sistem yang terencana dengan baik, maka kamu akan lebih siang untuk menjadi lebih unggul diantara pesaing menggunakan teknologi baru di industri. 

Salah satu langkah awal jika kamu ingin memahami cloud computing untuk analitik big data bagi bisnis kamu yaitu dengan mempelajari data science. DQLab menawarkan pembelajaran data science jarak jauh dan ditawarkan memudahkanmu untuk bisa belajar dengan mudah dan bertahap.

Yuk belajar data, solusi bisnis untuk berkembang di era digital ini!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB