LogoDIGINATION LOGO

5 Langkah Mempersiapkan Pensiun Dini

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 28 April 2022 | 16:54 WIB
Share
Share

 

Tidak merasakan lelahnya perjalanan dan penatnya suasana kantor menjadi dambaan setiap orang. Bahkan banyak orang yang memilih pensiun dini untuk ketentraman hidup. Dengan pensiun kita bisa lebih dekat dengan cucu, lebih fokus pada kesehatan, dan juga menikmati kehidupan yang lebih baik. Namun untuk merasakan pensiun dini dengan tetap happy kamu juga harus punya strategi yang baik dalam keuangan mu. Berikut 5 langkah mempersiapkan pensiun dini !

Tentukan di Usia Berapa Kamu mau Pensiun

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan di usia berapa kamu mau pensiun. Ketika kamu sudah tahu di usia berapa kamu akan pensiun, maka akan lebih mudah untuk memperkirakan jumlah uang yang harus kamu siapkan agar siap finansial di masa pensiun.

Lunasi Utang dan Cicilan

Kamu pasti tidak ingin dibebani utang di masa pensiun bukan? Oleh karena itu, yuk lihat lagi berapa lama hutangmu lunas. Hitung sisa cicilan dan utang yang harus kamu bayarkan di sisa waktu kamu menuju masa pensiun.

Baca juga : Begini Cara millennial Membeli Rumah Impian

Tips agar tidak terjebak utang dan cicilan, langsung bayar sisa cicilan mu sebelum masa tenggang atau langsung bayar diawal setelah kamu menerima gaji bulanan. Nah agar tidak keluar dari target, hindari mengambil cicilan mendekati masa pensiun yang sudah kamu tentukan. Sebisa mungkin, selesaikan sebelum kamu berada di masa pensiun agar kamu bisa lebih santai menikmati pensiun dini.

Jalani Gaya Hidup Apa Adanya

Persiapan pensiun dini berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan membiasakan hidup apa adanya. Jangan mudah tergiur dengan kemewahan hidup orang lain, apa lagi melakukan flexing untuk mendapatkan pengakuan dari circle mu. Hiduplah apa adanya, dan fokus pada tujuan akhir mu tetap mapan meski pensiun dini.

Mencari Pendapatan Tambahan

Ketika kamu sudah mantap pensiun dini, waktunya kamu harus mencari pendapatan baru di usia produktif. Mencari pendapatan baru ini dapat menambah tabungan mu untuk pensiun dini. Jika pendapatan baru ini berupa bisnis, kamu bisa menjadi pemasukan baru saat kamu pensiun nanti.

Baca juga : 3 Langkah Mengatasi Masalah Generasi Sandwich

Konsisten dalam menabung

Ketika ingin mempersiapkan dana pensiun kamu juga harus konsisten dalam menabung. Kurangi kebiasaan konsumtif seperti belanja yang bukan kebutuhan primer, ataupun sekedar nongkrong bareng teman. Dalam hal ini, setidaknya kamu harus menyisihkan 10 persen dari penghasilan kamu. Kamu dapat melatih konsisten untuk menabung agar dana pensiun yang ingin kamu persiapkan cepat terkumpul. 

Bagaimana caranya agar dapat konsisten menabung dan dapat menyisihkan lebih banyak uang agar cepat terkumpul? Yuk simak pemaparan dari Widya Prima, Financial Planner & Founder of @uangplanner dan Ida Bagus Sonny Suryawijaya, Senior Pension Program Specialist BNI di Digital DNA Jumat 13 Mei 2022 hanya di Youtube DiginationID.



  • Editor: Nur Shinta Dewi
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB