LogoDIGINATION LOGO

Entrepreneurs Intip 5 Kunci Strategi Bisnis Digital

author Oleh DQLab Selasa, 12 April 2022 | 17:46 WIB
Share
Share

Memasuki digital age tentu tidak akan terlepas dari data. Data pada dasarnya menjadi sebuah fakta yang dihasilkan dan dikumpulkan untuk dilakukannya proses analisis agar membantu operasional bisnis lebih efisien dan efektif.

Salah satu data yang sangat penting yaitu data pelanggan, karena data pelanggan merupakan matriks yang berhubungan dengan interaksi pelanggan terutama di ruang online. Misalnya seperti data transaksi, pendapatan biaya pelanggan, biaya yang sering dikeluarkan pelanggan, perilaku pelanggan ketika berbelanja di situs web atau aplikasi mobile, dan lainnya.

Agar dapat berinteraksi dan menjadi bisnis yang dibutuhkan oleh pelanggan, kamu harus menyusun strategi bisnis digital dengan tepat dengan menggunakan data. Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab akan menjelaskan kunci strategi bisnis digital yang bisa kamu terapkan. Yuk, simak artikelnya berikut ini

Kehadiran Bisnis di Ruang Online

Keberadaan internet kini sudah menjadi bagian penting di hidup kita, mulai dari mencari informasi, melakukan transaksi, hingga mencari sebuah solusi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Bisnis di era digital tidak lengkap apabila tidak adanya kehadiran di ruang online, kehadiran di ruang online sendiri meliputi:

  • Bisnis memiliki situs web yang berfungsi atau mini-campaign
  • Memiliki beberapa platform sosial media (Linkedin, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dsb)
  • Memiliki company profile yang lengkap agar bisa ditayangkan iklan
  • Serta informasi berupa review, artikel dan bentuk informasi secara online

Dengan memiliki keberadaan di ruang online juga memudahkan untuk pelanggan untuk membeli atau meninjau lebih lanjut item apa saja yang dapat dibeli untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

Bisnis berbasis Aplikasi Mobile

Bentuk strategi lainnya yang dapat meningkatkan bisnis digital yaitu memberikan sebuah solusi hanya dalam sebuah genggaman saja, yaitu bisnis mobile. Kini sudah banyak perusahaan bisnis yang telah mengembangkan bisnis mereka secara mobile dengan tujuan untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan pelanggan. Mengintegrasikan bisnis berbasis mobile (seluler) dapat mencakup seperti:

  • Memberikan pelanggan pilihan untuk melakukan transaksi melalui ponsel atau gadget di situs web
  • Memberikan user experience yang berkesan dengan down-sized atau menyesuaikan tampilan sesuai dengan ponsel atau gadget.
  • Dapat meningkatkan engagement dengan pelanggan, dimana pelanggan bisa mengakses seluruh fitur-fitur dan memungkinkan menarik perhatian pelanggan lebih dekat.

Hal ini juga menjadi salah satu bentuk inovasi untuk meningkatkan kenyaman pelanggan, sebab di dalam aplikasi mobile akan disesuaikan fitur-fitur yang dirancang agar pelanggan betah untuk eksplorasi terkait layanan, produk dan lainnya.

Online Security

Online security sangat perlu diperhatikan terutama jika kamu baru saja beralih menjadi bisnis digital, mengingat terkadang seringkali terjadinya hal-hal diluar dugaan maka perlu adanya sistem security yang bisa menjaga database pelanggan dengan baik. Database menjadi salah satu virtual asset informasi yang umumnya nanti bisa dijadikan pengambilan keputusan dan pembentukan strategi, maka dari itu asset merupakan ‘harta’ bagi bisnis kecil ataupun bisnis besar sekalipun. Sistem online security biasanya seperti staff policies untuk mengakses dan menyimpan data, cloud computing, serta beberapa sistem software untuk kegiatan transaksi.

Membangun Interaksi Customer

Interaksi pelanggan menjadi salah satu cara paling penting dan terkadang entrepreneurs seringkali terlupakan. Hal ini menjadi cara memberikan pelanggan akses kepada bisnis agar menjadi lebih dekat dan menyukai dengan layanan atau produk item bisnis kamu, misalnya seperti dalam situs web atau aplikasi mobile tersedia chatbot, virtual assistant, contact center, dan lainnya . Agar mendukung keterlibatan atau hubungan dengan pelanggan, maka kamu dapat menggunakan sistem CRM seperti:

  • Menyusun informasi tentang pelanggan atau klien
  • Melacak kontak pelanggan dan kemudian menanyakan penawaran yang sedang berlangsung
  • Tracking terkait pemasaran tradisional dan digital untuk bisa menghubungkan informasi pelanggan dengan software akuntansi

Baca juga: Kursus Belajar Data: Pentingnya Data dalam Bisnis

Digital Marketing

Mengetahui kini sudah banyak tools dan channel yang bisa digunakan untuk melakukan promosi secara online, digital marketing sudah menjadi salah satu bentuk promosi yang sudah diterapkan terutama dalam pemasaran digital hal tersebut mencakup, situs web, aplikasi mobile, serta memiliki platform sosial media. Jika kamu baru mulai dan ingin belajar bagaimana cara melakukan promosi digital marketing, DQLab menyediakan module untuk pembelajarannya lho. Jangan khawatir, module yang tersedia sudah sesuai dengan kebutuhan industri dan bisa kamu pelajari kapan saja dan dimana saja!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB