LogoDIGINATION LOGO

4 Skill Bisnis yang Harus Dimiliki di Digital Age

author Oleh DQLab Rabu, 9 Maret 2022 | 10:40 WIB
Share
Share

 

Entrepreneur di era digital kini mulai membentuk kembali bisnis mereka agar lebih siap untuk bersaing. Namun seringkali, terkadang banyak bisnis atau perusahaan mereka belum mengetahui harus bagaimana cara mengubah bisnis mereka menjadi lebih baik dan menguntungkan. Jika kamu ingin bisnis saat ini tetap on track, maka kamu harus mengetahui beberapa skill yang wajib dimiliki terutama di digital age ini. Skill-skill ini sangatlah penting karena dapat membantu bisnis digital yang kamu jalani bisa berkembang hingga global sekalipun. Yuk, langsung saja simak artikel dibawah ini yang telah dirangkum oleh DQLab!

  1. Thinking Skills

Tentu sebagai entrepreneur harus memiliki segudang ilmu pengetahuan seputar bisnis, karena dalam menjalankan bisnis membutuhkan keterampilan pemikiran bisnis secara mendalam. Tidak hanya mengembangkan usaha melainkan juga mendapatkan profit bagi bisnis hingga jangka panjang. Thinking skills dapat meliputi bagaimana entrepreneur memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki analytical thinking, critical thinking dan problem-solving. 

Di era digital ini, memiliki rasa ingin tahu menjadi premis dasar cara untuk menyusun sebuah strategi bisnis dengan baik. ‘Why’ menjadi pertanyaan sekaligus jawaban atas semua permasalahan yang ada. Contohnya seperti bisnis e-Commerce, jika hanya mengandalkan data pelanggan offline saja kecil kemungkinannya brand/perusahaan tersebut bisa dikenal secara luas. 

Hal tersebut akan menimbulkan beberapa pertanyaan seperti ‘bagaimana caranya untuk meningkatkan awarenessnya?’ atau ‘harus melakukan channel apa agar mendapatkan pelanggan?’. Maka dari itu, dengan memiliki set thinking skill akan membantu kamu melihat sudut pandang secara luas dan berpikir sesuai dengan tujuan bisnis.

Baca juga: Penerapan Algoritma Data Science untuk Bisnis Kamu

  1. Skill Komunikasi yang Baik

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis, karena melalui komunikasi juga melibatkan keterampilan negosiasi yang kuat. Dari hasil negosiasi tersebut akan berdampak pada operasional bisnis. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya verbal saja lho, kamu juga perlu menguasai komunikasi secara visual atau non-verbal misalnya seperti bisa mempresentasikan olahan data kepada stakeholders dengan kalimat yang mudah dipahami secara umum.

Memiliki komunikasi yang sehat dalam bisnis juga berdampak lho, tidak hanya dengan eksternal saja namun juga internal seperti tim atau karyawan juga menjadi lebih terbuka. Komunikasi yang jelas diantara tim akan lebih efektif dan menghindari adanya error terutama dalam membuat keputusan.

  1. Kolaborasi Tim Bisnis

Selain komunikasi, skill lainnya yang harus dimiliki di era digital age yaitu kolaborasi. Kini, di berbagai lini bisnis hampir seluruh timnya akan bekerja sama dengan tim lainnya. Sebagai contoh yaitu tim Marketing harus bisa berkolaborasi dengan tim praktisi data seperti Data Analyst atau Data Scientist untuk mendapatkan insight yang menarik dari olahan data. Dari data tersebut nantinya bisa digunakan dalam membantu menyusun campaign sesuai dengan target sasaran.

Keberhasilan suatu bisnis akan bergantung pada kolaborasi internal bisnis, melalui kolaborasi juga membangun ruangan untuk berdiskusi atau sharing session yang nantinya adanya pertukaran ide diantara anggota dan meningkatkan kerja sama tim dengan baik.

Baca juga: Data Scientist vs Data Analyst: Mana yang Cocok untuk Kamu?

  1. Digital Skills

Tanpa ragu, skill teknologi informasi dan komputer semakin diminati dan bahkan menjadi syarat dasar untuk bekerja di berbagai lini industri. Sebagian besar operasional bisnis sudah berbasis mesin dan pengetahuan yang sangat bergantung pada teknologi, sehingga dibutuhkannya calon talenta data yang dapat membantu mengolah data yang dimiliki menggunakan sistem komputer. Jika kamu ingin mulai belajar Data Science lebih lanjut, kamu bisa bergabung bersama DQLab lho! Di DQLab module yang tersedia sudah sesuai lho dengan kebutuhan industri dan aplikatif untuk bisnis kamu, jadi tunggu apalagi? Selamat mencoba!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB