LogoDIGINATION LOGO

Rilis di Indonesia, WhatsApp Business Mudahkan UMKM. Apa Manfaatnya?

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 22 Januari 2018 | 09:52 WIB
Share
Aplikasi pesan instan WhatsApp tak kini tak hanya bisa digunakan untuk keperluan komunikasi saja
Share

Aplikasi pesan instan WhatsApp tak kini tak hanya bisa digunakan untuk keperluan komunikasi saja. Belum lama ini WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Business yang didesain khusus untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjalankan bisnis.

“Aplikasi terbaru kami ini akan mempermudah perusahaan untuk terhubung dengan konsumen, dan 1,3 miliar pengguna kami akan semakin nyaman untuk berbincang dengan bisnis yang penting bagi mereka,” tulis perwakilan WhatsApp melalui keterangan resmi, Senin (22/1/2018).

Apa manfaatnya? WhatsApp Business diklaim bisa memudahkan pelaku UMKM untuk berinteraksi lebih dengan pelanggan. Berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa, ikon pada WhatsApp Business memiliki simbol huruf ‘B’ kapital.

Untuk mengoptimalkan WhatsApp Business, sebaiknya Anda mendaftar dengan menggunakan nomor telepon perusahaan dan mengisi profil usaha secara detail. Seperti menuliskan deskripsi singkat seputar bisnis, alamat, kategori bisnis, jam operasional, alamat email, dan website. Ini secara tak langsung membantu pelanggan mengenali bisnis Anda.

Namun penting untuk diketahui di awal, nama akun bisnis yang didaftarkan berlaku permanen. Artinya, nama akun tidak bisa diubah. Jadi, pastikan gunakan nama akun tersebut sudah benar. Akun yang mendapatkan verifikasi akan ditandai dengan tanda ceklis hijau.

Yang menarik lagi, di WhatsApp Business ada fitur auto response yang fungsinya menjawab pesan secara otomatis untuk pertanyaan yang sering diajukan, menyapa konsumen, dan mengirimkan pesan saat pengguna dalam posisi tidak aktif (away messages). Namun, isi pesan tentunya harus di-setting dahulu secara manual.

Informasi tentang statistik pesan pun tersedia. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk melihat seberapa sering Anda berinteraksi dengan pelanggan melalui jumlah pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca.

Kesimpulannya, beberapa fungsi unggulan tersebut bisa memudahkan UMKM atau bagi Anda pebisnis pemula untuk berinteraksi langsung, serta bisa difungsikan juga sebagai call center. WhatsApp Business kini sudah bisa diunduh di Google Play Store. Nah, agar lebih mudah digunakan aplikasi ini juga bisa diakses via desktop.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB