LogoDIGINATION LOGO

Forbes Insight: 70% Pebisnis Percaya IoT Penting Bagi Perusahaan

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 18 Januari 2018 | 10:05 WIB
Share
Forbes Insight bekerja sama dengan Hitachi Vantara melakukan survei kepada lebih dari eksekutif senior di seluruh dunia, termasuk 220 orang dari kawasan Asia Pasifik untuk melihat potensi penerapan Internet of Things (IoT) dan perannya dalam kemajuan perusahaan
Share

Forbes Insight bekerja sama dengan Hitachi Vantara melakukan survei kepada lebih dari eksekutif senior di seluruh dunia, termasuk 220 orang dari kawasan Asia Pasifik untuk melihat potensi penerapan Internet of Things (IoT) dan perannya dalam kemajuan perusahaan.

Laporan bertajuk “Internet of Things: Dari Teori kepada Realita–Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan IoT untuk Memajukan Bisnis” tersebut menemukan bahwa 70% perusahaan di wilayah Asia Pasifik percaya bahwa IoT penting atau sangat penting bagi bisnis mereka saat ini. Sementara 87% percaya bahwa IoT akan menjadi penting bagi masa depan bisnis mereka.

“Di seluruh kawasan Asia Pasifik, terlihat jelas bahwa para eksekutif menyadari nilai dari inisiatif IoT. Dengan 70 persen dari mereka yang menyatakan telah mempertimbangkan IoT sebagai sesuatu yang penting atau krusial bagi bisnis mereka, IoT dengan cepat menjadi pembeda kompetitif yang akan mempengaruhi hampir setiap industri,” jelas Bruce Rogers, Chief Insights Officer (CIO) Forbes Media.

Laporan tersebut juga menyebutkan temuan-temuan penting sebagai berikut:

  1. IoT adalah salah satu teknologi baru yang paling penting. Dari semua teknologi yang muncul, para eksekutif di Asia Pasifik percaya bahwa IoT, Artificial Intelligence (AI) dan Robotika akan menjadi yang terpenting.
  2. Perusahaan di wilayah tersebut menyambut IoT. 72% responden mengatakan bahwa perusahaan mereka memiliki program IoT yang signifikan atau pilot yang beroperasi, dan 11% mengatakan bahwa program IoT telah memberikan kontribusi besar dalam bisnis mereka.
  3. Mengimplementasikan solusi berbasis IoT dapat menjadi tantangan. Ketika membangun kemampuan IoT, perusahaan mengatakan tantangan terbesar mereka adalah menjaga keamanan IoT (31%), kerjasama antar departemen (31%), ketersediaan tenaga terampil (31%), ketidakmampuan menyampaikan pengembalian investasi yang menarik (30%), dan integrasi data yang berbeda (28%)
  4. Praktik terbaik untuk menerapkan solusi berbasis IoT. Dengan memeriksa perusahaan dengan inisiatif IoT yang memenuhi atau melampaui harapan, kami telah mengidentifikasi beberapa praktik yang mereka ikuti untuk memastikan kesuksesan: upaya IoT biasanya diperjuangkan oleh CTO (40%) dan CIO (32%), memasukan 42% vendor eksternal kedalam tim perencanaan IoT mereka, penggunaan platform pihak ketiga sebesar 82% sebagai dasar untuk operasi IoT mereka
  5. Di Asia Pasifik, perusahaan sudah melihat keuntungan dari IoT: 76% menjalankan program IoT yang menghasilkan pendapatan sementara 60% setuju bahwa program IoT menghasilkan data yang sangat berguna untuk bisnis mereka. Akibatnya, 88% memperkirakan akan melihat kenaikan anggaran IO mereka selama tahun fiskal yang akan datang.

“Temuan survei Forbes Insights dengan jelas menunjukkan dampak yang dimiliki IoT terhadap bisnis di wilayah APAC. Kami ingin melihat bahwa sebagian besar bisnis telah melihat IoT sebagai kunci kesuksesan masa depan mereka,” kata Daniel Chong, wakil presiden senior Asia Pasifik di Hitachi Vantara.

“Kesamaan dari organisasi-organisasi bisnis di seluruh dunia adalah kebutuhan mendapatkan dukungan top-down pada masa awal inisiatif mereka dan menemukan mitra inovasi tepercaya yang membantu mereka mencapai hasil bisnis yang diinginkan,” tutupnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB