LogoDIGINATION LOGO

Optimis Fintech Jadi Masa Depan, India Ajak Startup Berinovasi dan Berkolaborasi

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:09 WIB
Share
Startupbootcamp FinTech Mumbai dan PwC berkolaborasi membuat penelitian tentang ekosistem fintech di India
Share

Startupbootcamp FinTech Mumbai dan PwC berkolaborasi membuat penelitian tentang ekosistem fintech di India. Seperti yang banyak dilakukan di negara maju, India mulai bergerak dari iklim usaha kompetitif ke arah kolaboratif yang dipandang membuat proses menuju financial technology menjadi lebih efektif.

Sebuah laporan menemukan 95 persen dari incumbent memilih bekerja sama dengan fintech dibanding bersaing dengan startup. Paradigma inovasi ini terbuka sejalan dengan pengetahuan yang mempercepat proses digitalisasi. Apalagi, para pelaku startup fintech sudah mulai menciptakan layanan white-label yang ditawarkan kepada bank konvensional.

Di India sendiri angka kemitraan dengan fintech diperkirakan mengalami peningkatan dari 42 persen pada 2016 menjadi rata-rata 95 persen pada tahun ini. Meskipun Mumbai mengalami beberapa gangguan di pasar fintech, peluang itu masih terasa wajar.

Hingga saat ini program Mumbai Startupbootcamp telah menghasilkan sejumlah kemitraan dan kerja sama dengan beberapa bank dan lembaga keuangan. Adrian Johnson, Managing Director Startupbootcamp FinTech Mumbai sepakat bahwa inovasi telah mengakar di sektor fintech di India dan akan semakin diterima di masa depan.

“Kolaborasi adalah hal yang diperlukan startup dan korporasi saat ini karena transformasi digital akan menyentuh sektor ekonomi. Kami memprediksi jumlah kolaborasi antara startup dan perusahaan korporasi akan terus mengalami peningkatan. Ditambah lagi inti dari upaya lanjutan dari bank dan lembaga keuangan lainnya untuk mengurangi gesekan pada customer touch point,” ungkap Johnson.

Vivec Belgavi, mitra sekaligus pimpinan FinTech India di PwC, menambahkan bahwa revolusi fintech terjadi karena dorongan lebih lanjut serta inisiatif pemerintah dan badan pengawas yang siap bekerja sepenuh hati untuk mewujudkan inovasi jasa keuangan menjadi nyata.

Gambaran mengenai situasi ini menunjukkan India berada di ambang revolusi keuangan. Total investasi dalam industri fintech India sendiri tercatat mengalami kemajuan pesat kurun 2015–2017. Masih ada momentum cukup besar di industri ini dan arah tren selanjutnya akan terlihat.

Laporan  tersebut semakin menegaskan bahwa paradigma tahun lalu telah bergeser, yang berarti ekosistem fintech semakin diterima di India. Tak hanya itu, masyarakat pun bisa berharap banyak layanan fintech yang akan sukses ke depannya.

Di lain sisi, laporan itu menyebutkan India menawarkan angka Return of Investment (ROI) tertinggi di sektor fintech sebesar 29 persen. Angka ini jauh dibandingkan rata-rata global yang hanya berkisar 20 persen saja. Bukan tak mungkin ke depannya teknologi terkini, seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning, blockchain, dan Internet of Things bisa digunakan oleh khalayak luas.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: forbes.com
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB