LogoDIGINATION LOGO

Agar Transaksi Online Aman, Bagaimana Tipsnya?

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 15 Januari 2018 | 07:13 WIB
Share
Menjamurnya toko online dan berbagai macam digital payment telah memudahkan konsumen berbelanja
Share

Menjamurnya toko online dan berbagai macam digital payment telah memudahkan konsumen berbelanja. Hanya dengan sistem klik di laptop atau ponsel, Anda dapat membeli berbagai macam barang dan membayarnya tanpa harus repot-repot pergi ke ATM terdekat.

Namun meskipun menjanjikan pengalaman belanja yang mudah dan nyaman, berbelanja secara online terlebih menggunakan digital payment saat bertransaksi harus memerlukan kehati-hatian. Bukan saja ancaman virus tapi juga adanya oknum nakal yang bisa menelusup ke akun Anda sehingga bisa menimbulkan kerugian.

Lalu bagaimana cara bertransaksi online secara aman? Perhatikan tips yang diberikan oleh iPrice berikut, disadur dari laman resminya:

1. Berbelanja melalui situs yang aman

Sebelum berbelanja, pastikan mencari situs yang aman dimulai dengan menggunakan https:// bukannya https://. Sebuah situs yang aman akan diawali dengan https:/ (Hypertext Trasfer Protocol Secure). Huruf ā€˜sā€ di sini berarti situs tersebut menggunakan server yang aman dan akan melindungi informasi personal Anda dari para hackers. Sedangkan situs yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan https://.

2. Menyimpan bukti transaksi Anda

Bukti pembayaran elektronik, konfirmasi email dan lain-lain dapat membantu Anda untuk dapat melacak sejarah transaksi Anda. mereka juga dapat Anda gunakan sebagai bukti kuat jika Anda memiliki perselisihan dengan sang penjual.

3. Lindungi komputer Anda

Firewall dan juga software antivirus terbaru dapat melindungi data Anda dari para hacker dan dapat juga mencegah para pencuri identitas untuk mencuri informasi personal Anda.

4. Jangan gunakan Wi-Fi gratis saat mengakses kegiatan pribadi

Menggunakan Wi-Fi gratis untuk kegiatan pribadi seperti berbelanja online dan transaksi perbankan, bisa memberi peluang dan potensi orang untuk dapat mengakses data Anda.

5. Gunakan password yang cerdas dan kuat

Buatlah password yang cerdas dengan menggunakan kombinasi angka, simbol dan menggunakan huruf kapital dan huruf kecil.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB