LogoDIGINATION LOGO

Kenali Big Data Analytics dan Manfaatnya untuk Bisnis!

author Oleh DQLab Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:55 WIB
Share
Share

 

Pada dasarnya Big Data terdiri dari kumpulan informasi yang besar dan kompleks sehingga membutuhkan seorang Data Analyst atau Data Scientist menggunakan tools serta keterampilan yang dimilikinya dalam mengekstrak data.

Kini, Big Data sudah terdengar oleh semua orang termasuk para stakeholders atau instansi di setiap sektor. Teknologi canggih dan analisis data yang kuat sangat membantu pengambilan keputusan berdasarkan data dan bisa meningkatkan hasil yang diinginkan, seperti cara pemasaran yang lebih baik, mendapatkan pelanggan, pengeluaran biaya operasional, membantu evaluasi operasional, informasi baru dalam skala lebih besar, dan lainnya.

Sehingga, Big Data Analytics menjadikan salah satu bentuk teknik strategi yang sangat menguntungkan dan memberikan banyak manfaat. Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas beberapa dari banyaknya manfaat jika kamu mengaplikasikan Big Data Analytics dalam bisnismu. Yuk, langsung saja kita simak artikel berikut!

1. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Pekerjaan

Big Data dapat meningkatkan operasional dengan pesat dan juga efisien dalam mengumpulkan sejumlah besar data pelanggan.

Data yang telah dimiliki tersebut kemudian akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk mengekstrak menjadi pola bermakna yang ada didalamnya (misalnya seperti selera, preferensi pelanggan, perilaku pembelian, dan lainnya) yang bisa memungkinkan perusahaan dengan tepat memberikan produk atau layanan yang personalisasi.

Dengan menggunakan Big Data Analytics juga bekerja secara otomatisasi, membantu pekerja untuk lebih proaktif dalam membuat keputusan berdasarkan analisa data, dan juga dapat terhindar dari kesalahan yang bisa merugikan.

Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2. Menekan Biaya Kegiatan Pemasaran

Kegiatan pemasaran merupakan salah satu teknik penting untuk mendapatkan pelanggan atau membuat pelanggan tetap menggunakan produk atau layanan kita. Melakukan marketing atau pemasaran tidaklah mudah, karena membutuhkan tenaga dan juga biaya yang tidak sedikit namun dengan Big Data Analytics hal tersebut akan terbantu secara signifikan.

Seorang Data Analyst atau praktisi data akan menggunakan tools seperti Hadoop dan Spark yang bisa mengidentifikasikan cara berbisnis yang lebih efisien dan juga hemat biaya. Adapun penggunaan Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI) dalam memprediksi analisis yang nantinya dalam membantu mengetahui biaya yang diperlukan.

3. Prediksi Segmentasi Market

Dengan bantuan analisis data membantu dalam klasifikasi pelanggan, baik secara demografis hingga pemenuhan kebutuhan mereka. Pelanggan kini sudah pintar dan mengetahui kebutuhan mereka, hal ini Big Data Analytics akan memberikan prospek yang lebih solid untuk diterapkan dalam bisnismu karena dari big data tersebut nantinya cenderung akan mendatangkan potensi pelanggan baru untuk membeli produk kamu.

Selain menganalisis potensial pelanggan, Big Data Analytics juga menguntungkan bagi bisnis untuk bisa berkompetisi dan lebih unggul di pasar karena membantu segmentasi sudah personalisasi pelanggan.

4. Loyalitas Pelanggan dan Reputasi Online

Penggunaan Big Data bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis jumlah data dengan volume yang sangat besar. Jejak digital yang ditinggalkan oleh pelanggan akan membantu mengungkapkan banyak hal tentang perilaku, kebutuhan dari pelanggan.

Sehingga, dibutuhkannya pelayanan khusus untuk menjaga loyalitas pelanggan. Big Data Analytics akan membantu mengekstrak data tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka, semakin tinggi pesonalisasi akan semakin dekat pelanggan dengan produk atau layanan kamu secara signifikan.

Media online kini sudah menjadi salah satu bentuk digital marketing sudah banyak bisnis terutama UMKM, reputasi online pada bisnis akan berpengaruh pada keinginan mereka untuk membeli produk atau menggunakan layanan bisnis.

Dengan Big Data, akan membantu menjelajahi dunia online yang luas untuk mengetahui dan memahami apa yang dikatakan orang tentang produk atau layanan bisnis kamu, dengan kata lain adalah melihat ulasan dari pelanggan. Dari ulasan juga bisa membantu kamu dalam meningkatkan layanan (customer experience) atau product development.

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya

5. Membuka Peluang Inovasi dalam Bisnis

Mengimplementasikan Big Data Analytics tentunya kamu dapat menggali data yang lebih luas dan dalam, membantu pembuatan strategi yang dapat ditindaklanjuti serta keputusan bisnis.

Mengekstrak data tersebut menjadikan wawasan untuk membuka peluang inovasi. Pada poin-poin diatas tersebut hanya sebagian kecil manfaat yang kamu dapat, tentunya masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Jika kamu tertarik untuk belajar bagaimana cara menganalisis data, mengolah hingga memiliki skill menggunakan tools Analytics, kamu bisa bergabung dengan DQLab. Yuk, selangkah lebih maju dan unggul dari kompetitor dengan mengaplikasikan Data Science dalam bisnismu!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB