LogoDIGINATION LOGO

Smesco Indonesia dan BNI Xpora Bantu UKM Siapkan Ekspor

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 24 September 2021 | 08:55 WIB
Share
Share

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi sektor yang diandalkan dalam perekonomian nasional Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), 64 juta UMKM berkontribusi 60% pada total produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta menyerap 97% tenaga kerja.

Namun dengan kontribusi yang besar, nilai ekspor produk UKM di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara lainnya. Mengutip dari laman Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi UKM terhadap ekspor hanya 14,37%, dan masih tertinggal dari negara-negara APEC yang bahkan dapat mencapai 35%.

Segala aktivitas untuk memajukan UMKM terus digiatkan untuk mendorong UMKM Go Ekspor adalah satunya dengan program-program unggul dari Smesco Indonesia. Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), lembaga resmi di bawah Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Smesco fokus untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.

Smesco menyediakan Sekolah Ekspor. Program ini adalah salah satu langkah untuk menggairahkan UKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan ekspor.

Baca juga : 5 Hal yang Dibutuhkan Digital Marketing Saat Ini

Dalam program ini, UKM binaan akan dibekali dengan kiat-kiat sukses ekspor yang secara spesifik akan merujuk ke penerapan literasi digital. Selain itu para UKM akan diberikan edukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia.

Bahkan Smesco juga bekerja sama dengan perbankan untuk mendukung UKM yang ingin memasuki pasar ekspor. Dukungan perbankan sangat penting antara lain untuk pembiayaan hingga kemudahan akses ke pasar yang dituju.

Misalnya kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. melalui BNI Xpora untuk menghadirkan solusi yang mendukung pengembangan UKM agar lebih menguntungkan. Termasuk untuk mempermudah ekspor dari proses pendanaan hingga penyeleksian produk untuk pendistribusian ke pasar yang tepat.

Xpora adalah solusi digital yang dikembangkan BNI untuk pelaku UKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar.

Baca juga : Lima Alasan Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

Pada dasarnya, solusi Xpora dapat diakses dengan bebas oleh semua pelaku UMKM lewat domain xpora.id. Melalui portal ini, pelaku UKM bisa mengakses beragam fitur sebagai berikut:

1. Cek Level Bisnis. UMKM akan diberikan beberapa pertanyaan terkait usaha yang sedang dijalankan dan xpora.id akan memberikan penilaian berada di level mana usaha yang sedang UMKM jalankan saat ini.

2. Ekspansi Bisnis. Berguna untuk menemukan pasar yang lebih besar dan supplier terpercaya untuk memperluas jangkauan bisnis UMKM.

3. Sistem Digital UKM. Fitur untuk menemukan pilihan tools digital dalam menunjang pengelolaan bisnis UMKM.

4. Forum UKM. UMKM dapat mengikuti forum untuk saling berbagi tips usaha dengan komunitas UMKM di BNI Xpora.

5. Inspirasi. Berisi video, kelas, dan kegiatan pembelajaran gratis yang bisa memperluas wawasan bisnis UMKM.

6. Solusi Pengelolaan Keuangan. Untuk mengelola keuangan bisnis UMKM menjadi lebih mudah dengan membuat rekening khusus bisnis.

7. Solusi Pendanaan. Membantu bisnis UMKM berkembang lebih cepat dengan solusi pendanaan yang tepat pilihan Xpora.

Namun selain secara online, BNI Xpora hadir juga secara langsung di area Pusat Layanan Ekspor UKM dan Showcase di Gedung Smesco. BNI Xpora menempati area seluas 169,3 meter persegi dilengkapi e-catalog dan informasi digital tentang semua UMKM yang siap ekspor.

Tertarik ekspor? Pertanyaannya, apa syarat yang harus dilakukan UKM mengikuti program-program binaan yang dilaksanakan Smesco untuk siap terjun ke pasar ekspor? Kemudian apa tips untuk menembus pasar ekspor?

Temukan jawabannya di Program Digital DNA x BNI pada Jumat, 24 September 2021, yang akan disiarkan langsung atau live streaming dari kanal Youtube Digination.id 

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB