LogoDIGINATION LOGO

Brilio-Cermati Hadirkan “Fulus”, Platform Komparasi Finansial untuk Milenial

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 9 Januari 2018 | 04:40 WIB
Share
Brilio
Share

Brilio.net, perusajaan penerbit konten digital asal Yogyakarta, menggandeng perusahaan fintech Cermati meluncurkan Fulus, sebuah platfom untuk membantu kalangan milenial untuk membuat keputusan dengan membandingkan berbagai produk kartu kredit yang ada di pasaran.

Sebelumnya Brilio.net melakukan riset bersama JakPat Mobile Survey terhadap 1021 responden berusia 21-37 tahun di 34 kota besar Indonesia. Survei tersebut menemukan bahwa 59% milenial Indonesia khususnya kelas menengah kini lebih menyukai transaksi secara cashless baik melalui kartu debit, e-money maupun kartu kredit.

“Dari riset tersebut, kami menemukan bahwa 63% milenial Indonesia mengaku membutuhkan kartu kredit, akan tetapi kami juga mendapatkan fakta menarik bahwa 66% dari milenial mengaku merasa kesulitan mengetahui kartu kredit apa yang terbaik untuk kebutuhan mereka. Inilah alasan kami membuat Fulus,” ungkap CEO & Co-Founder Brilio.net Joe Wadakethalakal di Jakarta, dikutip dari siaran pers, Senin (8/1).

Cermati memberikan dukungan dalam hal data perbankan dan proses pengajuan aplikasi kartu kredit. Adapun sistem monetisasi yang digunakan di Fulus adalah sistem affiliate, di mana Fulus akan mendapatkan revenue dari setiap proses aplikasi kartu kredit yang berhasil oleh pengguna.

Lebih lanjut, menurut Joe, Fulus diluncurkan demi menjawab kebutuhan milenial yang mengalami kesulitan dalam memilih kartu kredit.

“Platform ini menawarkan solusi dengan memberikan perbandingan dari berbagai produk kartu kredit sehingga milenial bisa mengetahui kartu kredit apa yang terbaik untuk mereka. Joe percaya setiap milenial mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan setiap kartu kredit menawarkan keuntungan yang berbeda-beda pula,” tambah Joe.

Fulus akan memberikan perbandingan yang lengkap seputar fasilitas yang diberikan kartu kredit, persyaratan untuk mendapatkan kartu, informasi biaya dan denda, perbandingan kelebihan dan kekurangan serta memberikan rekomendasi kartu kredit yang sesuai kebutuhan.

Riset yang dilakukan Brilio bersama JakPat juga mencatat, mayoritas pengeluaran kartu kredit milenial paling banyak dilakukan untuk pembelian alat elektronik (27%), makanan & minuman (25%), traveling (23%), dan item mode (15%).

Mempertimbangkan hal tersebut, rekomendasi kartu kredit dari Fulus juga mengelompokkan best credit cards dalam beberapa kategori, yakni kartu kredit terbaik untuk travel, dining, cashback, retail, low interest, rewards, first card, dan lainnya.

“Milenial yang baru ingin membuat kartu kredit untuk pertama kali juga akan mendapatkan informasi yang lengkap sehingga mereka tidak kesulitan dan salah pilih. Rekomendasi yang kami berikan juga kami yakini merupakan rekomendasi yang paling jujur, tidak berpihak dan terjaga independensinya,” ungkap Joe.

Joe mengungkapkan, ke depannya Fulus juga akan terus melengkapi fitur-fitur yang ada dengan membandingkan produk finansial lainnya selain kartu kredit.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE