LogoDIGINATION LOGO

KK Fund Luncurkan EXB Asia Summit, Percepat Pertumbuhan Ekosistem Monetisasi eSport

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 24 Maret 2021 | 17:27 WIB
Share
Share

Mempercepat pertumbuhan ekosistem eSports Asia, KK Fund, lembaga permodalan tahap awal yang berinvestasi dalam startup seluler dan Internet di seluruh Asia Tenggara, hari ini mengumumkan akan meluncurkan eSports X Business Asia Summit (“EXB Asia Summit”).

Diselenggarakan pada tanggal 21-22 April 2021, EXB Asia Summit bertujuan membawa seluruh stakeholder bersama-sama secara virtual untuk menguji tren industri terkini, menyediakan pendidikan untuk brand dagang endemik dan non endemik, membangun jejaring dengan pelaku industri dan membuka peluang sponsor brand.

Program ini memfokuskan pada aspek bisnis dalam kemitraan dengan startup eSports Thailand Infofed dan agensi media global dentsu X.

“Asia memiliki kelompok terbesar untuk pemain dan penggemar eSports di dunia dan sejauh ini telah menghasilkan hampir setengah dari semua pendapatan eSport global. Meskipun ada potensi pertumbuhan yang besar, industri eSports di Asia masih terhitung muda. Pertemuan ini merupakan upaya bersama untuk memulai kolaborasi, komunikasi, dan pendidikan yang lebih baik untuk mengembangkan ekosistem,” kata Koichi Saito, Pendiri dan General Partner KK Fund.

Baca juga : Seagate Hadirkan FireCuda 120 SATA SSD ‘Baru’ Kinerja Lebih Unggul dan Cepat untuk Gaming

Acara ini akan disiarkan melalui DealRoom dan kanal media sosial EXB Asia. Beberapa kegiatan penting diantaranya adalah seminar online, pencocokan bisnis (business matching), sesi pitching startup dan turnamen eSports untuk brand.

Turut berpartisipasi dalam pertemuan tersebut ialah publisher game, developer game, media dan lembaga penyiaran, asosiasi eSports, lembaga pemerintah, serta brand bisnis dan teknologi eSports. Termasuk di dalamnya nama-nama perusahaan terkenal seperti Tencent Games, SEGA, Garena, ONE Esports dan Razer.

Lembaga pemerintah seperti Thailand e-Sports Federation, Singapore Esports Association dan Japan eSports Union juga turut hadir.

Selama dua hari, para pembicara dari dalam dan luar industri eSports akan mengisi sesi seminar yang membahas topik-topik seperti monetisasi dalam game, sponsor dalam eSports, dan memetakan penempatan brand bersama pemain eSports profesional.

Baca juga : Qualcomm Luncurkan Snapdragon 870 untuk Performa Secepat Kilat

Mereka juga akan menguji studi kasus berdasarkan popularitas eSports Korea, cara efektif membangun ekosistem eSport, dan merintis sponsor eSport melalui kolaborasi perlengkapan gaming.

“Kami memiliki sejumlah pembicara dan rekan yang terkemuka untuk acara besar ini, saya berharap dapat membantu mereka terlibat langsung dengan para peserta untuk saling bertukar pikiran dan menjalin kerjasama baru,” lanjut Saito.

Para pembicara yang akan hadir di antaranya, Haruki Satomi, Chairman dan CEO SEGA Holdings Co, Andrew Manugian, Head of Gaming Operations Tencent, Carlos Alimurung, CEO ONE Esports, Lance Quek, Founder Gamerforce Ventures, Chandra Firmanto, Founder Indogen Capital, Koichi Saito, Founder KK FundYoshi Nakano, Partnership Director Dentsu Tokyo,  dan Om Kaosa-ard, COO Infofed.

Saito juga menegaskan melalui EXB Asia Summit, dapat mendorong kesadaran yang lebih besar tentang eSport di Asia untuk membantu industri mewujudkan potensi regionalnya.

Sesi seminar dan networking akan berlangsung selama dua hari, salah satu kegiatan pada pertemuan hari pertama adalah sesi startup pitching yang akan berlangsung pada 21 April. Lima startup eSports terpilih akan memiliki kesempatan untuk mempromosikan bisnis mereka di hadapan perusahaan, pemilik modal, dan lembaga pemerintah di seluruh Asia untuk mendapatkan investasi yang potensial.

Serta puncak acara pada hari kedua EXB Asia Summit adalah final turnamen eSports. Turnamen ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada brand mengenai ekosistem eSports melalui demonstrasi proses pembuatan turnamen dan memberikan mereka pengalaman langsung dengan turut ambil bagian dalam kompetisi tersebut.

kata Kazuo Koike, Managing Director dentsu X Thailand melihat Industri eSports memiliki kapasitas untuk mengubah pengalaman digital dan menghubungkan pemain eSport global dalam dunia digital yang bertumbuh pesat.

“Kami secara konsisten berupaya untuk meningkatkan profil eSports secara global dan meningkatkan kredibilitasnya untuk sponsorship dan pemasaran. Kami percaya bahwa EXB Asia Summit akan membantu pihak-pihak terkait menyadari dimensi kreatif baru yang dibawa eSports ke dunia pemasaran olahraga dan menunjukkan kepada mereka cara terbaik memanfaatkannya untuk kesadaran brand (brand awareness) yang maksimal,” kata Kazuo Koike, Managing Director dentsu X Thailand.

Pendaftaran untuk sesi tersebut dapat dilakukan mulai hari ini hingga 2 April 2021 dan untuk informasi selengkapnya dapat dilihat pada website n EXB Asia Summit: https://www.exbasia.com/

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE