LogoDIGINATION LOGO

7 Cara Sukses Menjadi Atlet Esport Profesional

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 17 September 2020 | 10:17 WIB
Share
Share

Saat ini atlet eSport telah menjadi tren cita-cita dikalangan anak muda. Siapa sih yang saat ini nggak mau jadi atlet eSport? Tinggal main game, bisa dapat uang banyak.

Presiden Indonesia E-sports Premier League (IEPL) Giring Ganesha Djumaryo mengungkapkan tak sedikit para pemain profesional yang mendapat bayaran di atas Rp 20 juta setiap bulannya.

Menariknya lagi, uang yang didapatkan oleh seorang atlet e-sports juga bisa menembus angka Rp 100 juta.

lho.. Kok bisa? Dari mana sih penghasilan mereka?

Selain dari gaji pokok, dan hadiah turnamen, para anggota tim eSports biasanya mendapatkan keuntungan dari engagement mereka atau viewers yang menonton live streaming mereka saat digelar di berbagai platform, seperti Twitch, Nimo TV, dan Bigo.

Tak sampai di situ, pendapatan tambahan juga bisa diraih dari aneka "side job" yang ditekuni oleh para atlet, seperti endorsement sebagai key opinion leader (KOL) atau influencer.

Ngelebihin gaji DPR bukan? Walau terlihat “Cuma main game saja” tapi nggak gampang lho buat jadi bagian profesional. Nah! biar cita-cita jadi atlet eSport kamu tercapai, tekuni 7 cara ini yuk...

Pilih game yang ingin kamu tekuni
Ada banyak jenis game online, sebaiknya pilih genre game yang paling nyaman dimainkan dan yang lebih penting kamu harus memilih game yang sangat kamu sukai. Jika sudah menjadi bagian atlet eSport kamu akan lebih sering memainkannya, dari sini kamu harus terus menekuni game tersebut, karena nggak boleh ada kata bosan ketika menjadi atlet eSport.

Latihan, latihan, latihan
Layaknya atlet olahraga lainnya kamu perlu latihan keras untuk mencapai level profesional. Seenggaknya, kamu harus mengetahui semua seluk-beluk di dalam game tersebut. Latihan yang dilakukan secara rutin dan stabil, akan meningkatkan taktik kamu. Ingat ya, meskipun pertandingan yang kamu lakukan kalah, jangan langsung down. Karena semakin sering berlatih, kemampuan mu juga semakin terasah.

Pelajari taktik pemain lain
Mempelajari cara orang lain bermain akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk kompetisi dan mengembangkan strategi kamu sendiri. kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi taktik pemain top dalam game dengan bermain langsung, menonton saluran YouTube dan streaming mereka.

Gabung ke komunitas
Ketika kamu sudah mulai menguasai permainan, mulailah bergabung di komunitas-komunitas dari game tersebut. Kamu bisa mencari komunitas game di berbagai aplikasi dan social media. Dari sana kamu bisa berkenalan dengan berbagai orang dan kamu juga bisa sekalian bertanya tips dan trik, info terbaru mengenai eSport, dan lain sebagainya.

Bentuk team-mu
Jika kamu sudah bergabung kedalam komunitas, biasanya informasi mengenai kualifikasi untuk debut professional akan dipublikasikan. Kalau kamu sudah yakin dengan kemampuanmu, segeralah bentuk team untuk go professional. Kamu bisa saja membuat team sendiri dengan teman-teman yang kamu percaya, atau jika kamu memang sangat hebat, maka team profesional sendiri yang akan merekrutmu.

Ikut turnamen lokal
Saat kamu dan team mu mulai klop, kamu bisa mulai mengikuti beragam turnamen yang diselenggarakan. Nggak perlu bergengsi dulu, kamu bisa mengikuti turnamen-turnamen versi lokal seperti turnamen game antar sekolah, atau turnamen yang diselenggarakan oleh warnet game online. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan team mu dan yang pasti membangun reputasi dari team. Tapi jangan melulu bangga dengan turnamen lokal kamu juga harus bisa masuk di putaran setidaknya liga atau turnamen nasional untuk mendapat perhatian lebih dari pihak eSport.

Jaga pola hidup sehat
Siapa bilang jadi atlet eSport akan terbebas dari olahraga dan pola hidup sehat? Menurut Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa S. Broto perlu menyeimbangkan olahraga dan pola makan mereka. Karena jika atlet eSport melupakan pola hidup sehat, akan mempengaruhi fokus dan kekuatan mereka saat bermain.

Nah, mumpung kamu lagi otw jadi atlet profesional, lebih baik kamu perhatikan pola hidup sehat mu dari sekarang, agar selalu fokus dan menang dalam pertandingan ya.

Jika kamu tekun mengikuti 7 cara ini, jalan menuju eSport profesional akan terbuka lebar. Jangan cepat puas dan putus asa saat ada rintangan di depannya, keluarkan senjata pamungkas mu agar cita-cita mu tercapai!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE