LogoDIGINATION LOGO

Pemerintah Menargetkan Puluhan Juta UKM Masuk Ekosistim Digital Tahun Depan

author Oleh Rommy Rustami Senin, 14 Desember 2020 | 11:10 WIB
Share
Share

Pemerintah menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia masuk platform digital tahun depan, dari total jumlah UMKM yang ada saat ini yang diperkirakan mencapai sekitar 60 juta unit.

Menurut Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, baru sekitar 11 hingga 12 juta UMKM yang berjualan di platform digital saat ini sehingga masih banyak yang perlu didorong untuk masuk berjualan online di platform digital.

Pada sesi webinar "Kerja Bareng untuk Negeri" yang diadakan Shopee Indonesia, dia menjelaskan bahwa UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia; dan dengan semakin banyaknya UMKM yang hadir di Indonesia, para pelaku UMKM akan diberi kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan guna secara efektif dan optimal dapat beradaptasi dengan penerapan literasi digital demi melangsungkan bisnis UMKM nya di era digital saat ini.

"Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Shopee Indonesia atas sinergi yang dilakukan dengan pemerintah dalam membantu UMKM khususnya dalam mendukung keberlangsungan bisnis dan memberdayakan mereka," katanya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital menyusul adanya peralihan kecenderungan perilaku berbelanja secara online di masa pandemi saat ini.

"Pandemi ini mengubah perilaku konsumsi masyarakat. Dari yang dulu membeli produk secara langsung, sekarang semua beralih menuju online. Sehingga, para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat. Dengan adanya inisiatif program Kerja Bareng Untuk Negeri bersama dengan Shopee, pelaku UMKM diharapkan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis secara optimal dengan terus meningkatkan pengetahuan dan literasi digital, membangun model bisnis yang adaptif serta penguatan akses pasar yang kolaboratif," katanya.

Dukungan terhadap transformasi digital UMKM di Indonesia juga datang dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Menteri BUMN Eric Thohir menyatakan bahwa sinergi antara pemerintah dan pelaku industri di tengah masa sulit ini harus bisa kita manfaatkan untuk membuka peluang dan lompatan bagi para pelaku UMKM untuk berinovasi. UMKM memerlukan strategi yang tepat dalam memasuki pasar global.

"Besar harapan saya, dengan adanya inisiatif Kerja Bareng untuk Negeri dari Shopee dapat menjadi jawaban akan tantangan ekspansi ke pasar global yang harus dijawab UMKM soal inovasi dan pemanfaatan teknologi digital. Saya yakin UMKM Indonesia memiliki potensi segera pulih dari pandemi COVID-19 dan meningkatkan kapasitas karena kita punya sumber daya alam melimpah dan dukungan pemerintah," katanya.

Kerja Bareng Untuk Negeri merupakan salah satu bentuk dukungan Shopee terhadap inisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam inisiatif Kerja Bareng Untuk Negeri, ada berbagai program inovatif yang telah diberikan untuk UMKM di Indonesia.

SME Go-Online
Merupakan program edukasi dan pelatihan yang diberikan kepada para UMKM binaan Shopee Indonesia dalam menerapkan literasi digital untuk pemasaran dan penjualan dari bisnis yang dijalankan. Selama masa pandemi saat ini, program ini dijalankan secara online (virtual) dengan berbagai UMKM binaan Shopee di seluruh Indonesia.

Sinergi untuk Program Lanjutan dengan Instansi Pemerintahan
Shopee Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan terkait untuk secara bersama-sama mendukung keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia, seperti dukungan Shopee terhadap gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan menghadirkan kampanye khusus untuk penjualan produk lokal karya UMKM binaan kami di aplikasi Shopee. Selain itu, keikutsertaan Shopee dalam program Bela Pengadaan oleh LKPP dengan menghadirkan para pelaku usaha yang menyediakan berbagai kategori kebutuhan pemerintah, salah satunya adalah ATK dan Makanan & Minuman; serta dukungan Shopee terhadap UMKM binaan para instansi pemerintahan yang berhasil untuk ekspor.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kredit Usaha Rakyat
Selama pandemi, Shopee Indonesia turut mendukung para pelaku UMKM binaannya dengan memberikan dukungan berupa donasi melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional di bulan April 2020 dan Kredit Usaha Rakyat yang bekerjasama dengan beberapa pihak bank, seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri di bulan Juni 2020 lalu.

Chairman SEA Group Indonesia Pandu Sjahrir menyatakan bahwa UMKM memegang peranan penting dalam pembangunan ekosistem ekonomi di Indonesia. SEA Group adalah perusahaan berbasis di Singapura yang memayungi Shopee.

"Shopee sebagai perusahaan digital yang senantiasa mendukung keberlangsungan para UMKM binaan melalui platform e-commerce, akan terus berinovasi guna memberikan berbagai program efektif yang dapat secara optimal mendorong UMKM untuk digitalisasi UMKM dan efektif dalam hal pemasaran dan penjualan di era digital saat ini, terutama melalui inisiatif program “Kerja Bareng Untuk Negeri” yang juga didukung oleh beberapa pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan terkait yang sekaligus secara tidak langsung mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia," katanya.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE