LogoDIGINATION LOGO

Kolaborasi Shopee Dan Pasar Jaya Jaga UMKM

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 11 Mei 2020 | 14:21 WIB
Share
Share

UMKM menjadi salah satu sektor yang terkena dampak paling signifikan di tengah situasi COVID-19. Shopee perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Pasar Jaya, untuk membantu ratusan ribu UMKM membuka toko online guna menjaga eksistensi usaha pedagang dan menjaga roda ekonomi.

Sebelumnya, Shopee, berkomitmen untuk mendukung integrasi platform penjualan online dan offline, serta mendukung pengembangan bisnis UMKM lokal di ranah digital. Melihat sepi nya omzet pedagang offline pada Ramadhan tahun ini, Shopee dan Pasar Jaya berinisiatif membantu para pedagang Pasar Jaya agar tetap berdaya di masa yang sulit ini.

"Inisiatif Shopee ini dilatarbelakangi oleh besarnya dampak kepada mitra-mitra UMKM dikarenakan pemberlakukan PSBB yang diterapkan pemerintah. Ia berharap platform Shopee dapat dijadikan medium dalam memajukan dan meringankan beban para pedagang agar tetap dapat menata kehidupannya dengan bisnis online," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Kerjasama ini diawali dari Pasar Tanah Abang yang menjual ragam pilihan produk fashion, dimana pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan seperti baju lebaran, mukena, baju anak, aksesoris fashion lainnya dengan harga murah dibawah 100 ribu, serta tambahan cashback. Lalu, dilanjutkan dengan Pasar Pramuka yang menawarkan ragam obat-obatan dan kemudian diharapkan dilanjutkan ke seluruh Pasar Jaya. Pengguna dapat memenuhi ragam kebutuhan dengan keuntungan belanja di Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah. Diskon yang ditawarkan juga sangat menarik yaitu hingga 80%.

Untuk mitra penjual, Shopee memberikan bantuan modal kerja awal hingga 1 juta Rupiah dalam bentuk voucher, kredit iklan sebesar 150 ribu rupiah, serta gratis program promosi yaitu Gratis Ongkir Xtra selama 2 minggu. Bantuan servis juga diberikan dari tim Shopee berupa panduan pembuatan toko, pendaftaran produk, dan melakukan pengemasan.

"Kami sangat senang atas sinergi secara offline ke online antara Pasar Jaya dan Shopee. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi pedagang kami untuk dapat memasarkan produk nya secara lebih luas lagi, bukan hanya kepada pelanggan setia pasar offline Pasar Jaya namun juga pelanggan Shopee di seluruh Indonesia. Kami berharap ini dapat mendukung keberlangsungan usaha pedagang kami untuk tetap berdaya, khususnya selama masa pandemi ini,” kata Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Bentuk dukungan yang diberikan dengan kehadiran Pasar Jaya di Shopee juga turut dirasakan para pembeli. Melalui fitur tawar dan harga grosir, pengguna dapat memenuhi berbagai kebutuhan esensial dengan harga terjangkau. Selain itu, pengguna dapat menikmati berbagai penawaran menarik, seperti diskon, Gratis Ongkir XTRA untuk toko bertanda khusus, serta cashback dan ongkir gratis untuk metode pembayaran ShopeePay.

Pada kesempatan sebelumnya, Shopee juga telah mengedepankan program bantuan kesejahteraan yang berfungsi sebagai stimulus untuk para pihak terdampak dengan total 100 miliar rupiah melalui program Dukungan COVID-19 100M Shopee. Program ini diluncurkan demi menjaga daya saing UMKM di tengah situasi pandemi saat ini.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE