LogoDIGINATION LOGO

Alibaba Makin Tancapkan Kuku di India

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 27 Desember 2017 | 06:49 WIB
Share
Perusahaan e-commerce asal Cina Alibaba dilaporkan berencana meningkatkan pangsa pasar mereka di India
Share

Perusahaan e-commerce asal Cina Alibaba dilaporkan berencana meningkatkan pangsa pasar mereka di India. Demi mencapai ambisi tersebut, raksasa e-commerce yang didirikan Jack Ma tersebut berencana membeli setidaknya 25% saham di Bigbasket.

Rencana Alibaba untuk membeli Bigbasket tersebut akan membantu Alibaba mendapatkan posisi yang kuat di India dan memberikan keuntungan dalam persaingannya dengan Amazon. Dilansir dari ESellerCafe (Rabu, 27/12), Alibaba berencana menginvestasikan setidaknya USD 200 juta di Bigbasket setelah berbulan-bulan negosiasi.

Alibaba juga dilaporkan telah berinvestasi di One97 Communications Ltd., yang menjalankan bisnis e-cmmerce dan pembayaran digital di India. Sementara Amazon melalui pendirinya Jeff Bezos dilaporkan bertekad menginvestasikan setidaknya USD 5 miliar di negara Bollywood itu. Investasi tersebut untuk mendapatkan tempat dalam persaingan dengan layanan online Flipkart PVT.

Ekonomi digital India memiliki potensi pertumbuhan yang kuat. Berdasarkan penelitian Morgan Stanley, pasar e-commerce India telah mencapai pendapatan minimal USD 16 juta pada tahun 2016, dan masih menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan di tahun-tahun mendatang. Tidak salah jika India menjadi lahan basah bagi Alibaba dan Amazon.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: E Seller Cafe
TAGS
LATEST ARTICLE