LogoDIGINATION LOGO

Cara Agar Menonjol di Situs Freelancer

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:44 WIB
Share
Share

Pembatasan sosial tidak selamanya menjadi momen buruk jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, salah satunya menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Jika kamu merasa pekerjaan kantor lebih mudah dikerjakan saat WFH, lebih baik kamu manfaatkan waktu luang untuk terus produktif. Kamu bisa gunakan waktu kosongmu dengan menjadi freelancer yang memiliki waktu kerja fleksibel tanpa mengganggu pekerjaan utama. Freelance juga bisa membantu menambah uang saku kamu lho, lumayan bukan buat nambah pemasukan di masa krisis ini.

Pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana saja dengan imbalan yang cukup besar membuat freelance cukup digemari.

Dikutip dari Tempo, data BPS Mei 2019, basis angkatan kerja Indonesia tersedia sebanyak 136,18 juta orang, dan dari angka tersebut diperkirakan freelance mengambil porsi 4,55 persen atau sekitar 5,89 juta orang.

Melihat angka tersebut tidak menutup kemungkinan semakin banyak freelancer memanfaatkan moment WFH ini, maka agak sulit jika mengandalkan lamaran saja di situs freelance.

Agar dapat bersaing dengan freelancer lainnya di situs freelance, ini cara agar profil kamu terus ditarik client.

Gunakan Foto yang Jelas
Mulai gunakan foto profesional di akun mu. Sertakan berbagai foto diri kamu sendiri untuk foto profil, layanan, dan biografi kamu. Lebih baik gunakan foto yang berbeda di setiap draft, semakin banyak gambar yang kamu gunakan, maka kamu semakin dapat dipercaya. Perhatikan resolusi foto, foto yang baik dan rapi lebih menarik di mata client. Oh Iya, jangan lupa update foto kamu setiap bulannya ya, agar client dapat tau seberapa aktivitas kamu di situs ini.

Jujur
Biasanya freelance baru, suka melebih-lebihkan skill yang ia miliki. Ketika ada client menggunakan jasa tersebut, nama mu menjadi jelek karena tidak menguasai jobdesk. Jangan buat nama kamu jelek karena kamu berbohong. Tulis skill yang mumpuni dan kerjakanlah pekerjaan tersebut dengan jujur. Client lebih cenderung menggunakan jasa kamu ketika mereka mempercayai kamu. Jika mereka menangkap kamu berbohong, siap-siap ya tidak ada kabar project baru buat kamu.

Jangan menunggu portofolio pertama
Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman, tawarkan pekerjaan gratis untuk keluarga atau teman untuk meningkatkan portofolio kamu. Ajak keluarga atau teman mu untuk memesan jasa mu dengan menggunakan situs freelance yang kamu gunakan. Selain menambah portfolio kamu, hal ini juga baik untuk menambah bintangmu.

Tawarkan lebih dari satu layanan
Jangan terpaku dalam satu hal yang benar-benar kamu kuasai, setiap manusia memiliki kemampuan lebih, termasuk kamu. Tengok, apalagi layanan yang bisa kasih ke client, jika kamu tidak tahu layanan lain apa yang bisa ditawarkan, lihat pesaing kamu. Cari orang-orang dengan keahlian yang sama dan lihat layanan lain apa yang mereka daftarkan. Jangan takut untuk mengajari diri kamu keterampilan baru.

Buat Review sebanyak-banyaknya
Selain manfaatkan orang terdekat dan teman-teman mu, kamu juga bisa memberi diskon untuk menarik client. Menaruh harga dibawah pasaran ampuh untuk menaikan traffic bintang kamu. Tapi ingat jangan mentang-mentang rugi, kamu jadi seenaknya mengerjakan tugas client. Tetap lakukan yang terbaik dalam pekerjaan tersebut, dan selalu berkomunikasi baik, agar client kamu nyaman dan project terus berjalan.

Itu lah 5 cara untuk menonjolkan diri kamu di situs freelance. Semakin banyak pengalaman semakin mudah kamu menggali pundi-pundi uang, maka jangan takut mencoba hal-hal baru apalagi selagi ada kesempatan. Kamu bisa gunakan situs Freelance seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects, Upwork dan lainnya, apa kamu punya pengalaman freelance di situs lain? Share di komen ya...

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE